Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Jaga Pelanggan Lewat Email Marketing!

Dari total revenue yang diraih Hotel Santika, sekitar 30% berasal dari email marketing. Seperti apa Hotel Santika memanfaatkannya?

hotel santika email marketingPerhotelan merupakan salah satu komponen industri pariwisata yang besar peranannya. Produk utama yang dijual oleh bisnis perhotelan ini tentunya adalah sewa kamar atau jasa penginapan.

Namun, konsumen masa kini mengharapkan sesuatu yang lebih, bukan hanya sekadar kamar menginap. Pelayanan, kondisi lingkungan yang menyenangkan, sopan santun dan rasa hormat dari seluruh karyawan hotel adalah aspek lain yang menjadi pertimbangan bagi mereka dalam memililh sebuah hotel.

Tak cukup pelayanan prima, pelaku bisnis di industri ini harus pintar-pintar menawarkan keunggulan jasanya kepada pelanggan dan calon pelanggan melalui berbagai marketing tools. Terlebih saat ini persaingan di industri perhotelan kian panas.

Hotel Santika misalnya, untuk menjaring lebih banyak pengunjung dan merayu pengunjung yang sudah ada kembali datang, Hotel Santika menggunakan salah satu marketing tools yang ada, yakni email marketing.

Guido Andriano, GM Corporate Sales & Marketing Santika Indonesia Hotels & Resort

Guido Andriano, GM Corporate Sales & Marketing Santika Indonesia Hotels & Resort

Guido Andriano, GM Corporate Sales & Marketing Santika Indonesia Hotels & Resort mengatakan bahwa email merupakan salah satu tools yang sangat efektif. Tujuan perusahaan memanfaatkan email untuk menjaga atau merawat loyalitas pelanggan. Caranya dengan memberikan benefit dan lainnya seperti harga khusus, dan diskon dalam penggunaan fasilitas yang ada.

Menurutnya, Hotel Santika sudah menjalankan email marketing saat pengguna email telah mulai banyak yaitu kurang lebih sejak enam tahun yang lalu. Tentunya dengan frekuensi terbatas – hanya kepada tamu yang telah memakai jasa Hotel Santika.

Hal tersebut adalah upaya hotel ini untuk melakukan touch base terhadap konsumen yang tentunya diharapkan mereka kembali memakai jasanya dan menjadi pelanggan loyal.

Dalam penggunaan email marketing ini, Hotel Santika menargetkan segmen pasar yang telah menggunakan jasanya, juga konsumen yang telah dikunjungi tim sales, serta dari database yang didapatkan secara acak.

Aktivitas yang dilakukan dari email marketing Hotel Santika tergantung dari merek dan pangsa pasarnya. Namun, biasanya yang dilakukan berupa paket kamar, restoran dan ruang pertemuan.

Strategi email marketing Hotel Santika diintegrasikan dengan strategi digital marketing lainnya, seperti media online dan media sosial. “Aktivitas email marketing harus terintegrasi dengan strategi marketing lainnya,” ujar Andriano.

Penggunaan email dalam aktivitas marketing yang dilakukan oleh Hotel Santika ternyata cukup efektif. Hal itu terlihat dari returning guest yang kemudian diikat dalam membership. “Sementara ini terlihat peningkatan pertumbuhan dari tahun ke tahun, saat ini terlihat berkisar 30% sumbangsih terhadap total pencapaian,” katanya lagi.

Andriano mengungkapkan bahwa email marketing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu perusahaan bisa melakukan promosi kepada segmentasi yang pasti serta tertuju. Sedangkan kekurangan email marketing terletak pada recipient yang kemungkinan bisa saja tidak dapat menerima email blast dikarenakan format email yang ter-block atau juga masuk ke dalam junk-mail.

Tetapi, kekurangan tersebut dapat diminimalisir dengan pemahaman dalam bentuk format yang dikirimkan. Berkat email marketing, Hotel Santika mencapai pertumbuhan 3-4% tahun ini. Andriano pun berharap bisa membawa Hotel Santika menjadi jaringan grup hotel terbesar di Indonesia dan merambah ke Asia Tenggara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top