Ide Membuat Strategi Digital Marketing untuk Kesuksesan Bisnis Anda (Bagian 1)

Marketing.co.id – Berita UMKM | Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan para pengusaha menjangkau pangsa pasar yang lebih luas melalui berbagai platform digital. Namun demikian, untuk menyusun dan menjalankan suatu strategi digital marketing yang efektif, efisien dan terukur memerlukan berbagai keahlian teknis yang spesifik.

Digital marketing merupakan bagian penting dari kesuksesan bisnis di zaman sekarang. Meskipun merupakan alat pemasaran yang ampuh, membuat strategi digital marketing yang efektif akan terasa berat. Namun jangan khawatir, dalam artikel ini Anda akan dibimbing untuk membuat strategi digital marketing yang ampuh agar bisnis Anda bisa semakin sukses.

Berikut adalah 10 ide membuat strategi digital marketing yang efektif untuk aktivitas marketing online Anda dikutip SmallBizTrendscom:

Rancang dan evaluasi strategi terlebih dahulu

Anda perlu melakukan evaluasi dan mempertimbangkan kembali strategi digital marketing yang Anda rancang sebelum mengeksekusinya. Jangan sampai, setelah mengeksekusi strategi digital marketing Anda tidak mendapat apa-apa alias hanya buang-buang uang saja. Agensi pemasaran Hennessey Digital mendefinisikan digital marketing sebagai kategori layanan umum yang meliputi website development, social media marketing, iklan PPC (Pay Per Click), dan SEO.

Kemampuan untuk memanfaatkan berbagai pilihan online tersebut dapat menciptakan strategi marketing yang beragam, terjangkau dan terukur. Dengan kata lain, opsi-opsi ini dapat diakses oleh UMKM maupun Perusahaan besar. Namun terkadang, banyaknya pilihan juga menimbulkan masalah. Karena, banyaknya pilihan bisa jadi akan membebani bujet marketing Anda.

Itulah sebabnya, sebelum mengeluarkan uang Anda harus membuat strategi digital marketing yang jelas dan matang. Strategi ini harus meliputi saluran online apa yang akan membantu anda menjangkau target audiens, bagaimana Anda menghabiskan waktu dan sumber daya lainnya di area tersebut, dan tolok ukur opo yang dapat membantu anda mengukur tingkat keefektifannya.

Mungkin semua itu terlihat seperti pekerjaan rumit yang harus dilakukan. Namun, ini adalah Langkah pertama dan penting yang harus dilakukan untuk menciptakan strategi digital marketing yang efektif. Jika tidak melakukannya, anda bisa saja menghabiskan bujet marketing dengan tanpa hasil yang sepadan.

Gunakan website sebagai pusat konten/informasi

Content marketing merupakan bagian integral dari sebagaian besar strategi digital marketing. Konsepnya berkisar pada pembuatan konten yang relevan dengan audiens secara konsisten, memberikan value yang nyata, dan membantu menjadikan brand sebagai ahli dibidangnya. Jika dilakukan dengan benar, conten marketing dapat membantu mempertahankan pelanggan yang sudah ada sekaligus menarik pelanggan baru.

Jika ingin memiliki strategi digital marketing yang efektif, sebaiknya disusun berdasarkan content marketing. Memang, ini bukan tugas yang mudah. Namun, ini merupakan langkah awal yang dapat terus memberikan keuntungan di masa depan.

Blog di website adalah salah satu bentuk content marketing terbaik. Blog perusahaan dapat berfungksi sebagai pusat informasi untuk pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda menunjukkan pengalaman dan pengetahuan Anda dalam industri. Ini juga memudahkan Anda beresonansi dengan masalah yang dialami oleh audiens dan menunjukkan mengapa Anda adalah solusi yang tepat untuk mereka pertimbangkan.

Konten yang berkualitas di website dapat dibagikan kepada pelanggan melalui saluran media sosial. Atau, pelanggan sendiri yang malah membagikannya ke media sosial mereka karena mereka merasa terbantu. Ini setara dengan word-of-mouth marketing melalui online. Tentunya, ini akan membantu website mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil mesin pencarian secara organik.

Sama seperti strategi digital marketing lainnya, membangun blog Perusahaan atau menggunakan website sebagai pusat informasi akan tampak sepreti pekerjaan yang merepotkan. Namun, banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh, membuat blog akan sepadan dengan usaha yang dilakukan.

Memanfaatkan influencer

Terkadang, digital marketing bisa terasa sangat membosankan. Sangat mudah untuk merasa jenuh di internet. Akan tetapi, ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Misalnya, berkolaborasi dengan para influencer untuk membantu mempromosikan brand secara online. Influencer marketing bertujuan untuk mengajak figur-figur berpengaruh di dunia maya bekerja sama untuk mempromosikan brand Anda.

Bentuk strategi digital marketing ini adalah memanfaatkan loyalitas dan kepercayaan yang dimiliki oleh para pengikutnya terhadap influencer tersebut. Cara ini mudah diukur tergantung pada tujuannya.

Jika memiliki bujet yang besar, Anda dapat menggaet influencer besar yang memiliki jutaan pengikut. Namun, jika bujet kecil Anda bisa mencari komunitas influencer yang lebih kecil, yaitu mereka yang memiliki 10.000 pengikut atau kurang.

Jangan sampai Anda tertipu dengan jumlah pengikut. Nano-influencer – kreator dengan pengikut di bawah 10.000 – telah terbukti menjadi cara efektif untuk mempromosikan sebuah brand. Misalnya, akun nano influencer di Intagram dengan pengikut kurang dari 5.000 cenderung memiliki tingkat keterlibatan antara 5,3% hingga 7,2%. Angka tersebut berkurang hingga 1,1% untuk akun influencer besar di platform tersebut.

Lakukan riset terhadap target audiens secara online

Ketika bisnis yang dijalankan sudah sukses, mungkin Anda merasa sudah sangat memahami audiens Anda. Akan tetapi, jika ingin efektif secara online Anda harus bersedia berinvestasi untuk melakukan riset terhadap target audiens secara online. Oleh karenanya, luangkan waktu untuk mencari tahu bagaimana demografi pelanggan utama Anda berinteraksi dengan dunia online.

Sebagai contoh, Pew Research melaporkan bahwa Wanita lebih banyak menggunakan Facebook disbanding pria; lebih dari separuh lulusan perguruan tinggi memiliki kehadiran di LinkedIn; 71% dari mereka yang berusia antara 18-29 tahun menggunakan Instagram.

Ada banyak sekali data statistik yang tersedia untuk setiap demografi. Meskipun Anda tidak dapat menemukan informasi yang cukup detail secara online tentang audiens, Anda bisa bertanya langsung kepada mereka. Mintalah feedback tentang dimana mereka berkumpul secara online, dan topik atau informasi seperti apa yang mungkin menarik bagi mereka untuk Anda sajikan. Selain itu, pertimbangkan apakah audiens anda berada di wilayah demografi tertentu. Jika demikian, Anda perlu menargetkan aktivitas online Anda ke wilayah tersebut.

Tentukan dan pantau pengukuran

Marketing bukanlah ilmu pengetahuan yang absolut. Di tengah banyaknya pilihan strategi digital marketing di luar sana, merupakan hal yang biasa jika Anda mencapai kesuksesan yang luar biasa dengan satu strategi dan gagal dengan strategi yang lainnya.

Inilah alasan pentingnya membuat KPI (Key Performance Indicator) untuk membantu memandu aktivitas marketing Anda. Dengan mengidentifikasi dan menerapkan KPI Anda dapat menilai apakah pemasaran Anda memberikan hasil yang diinginkan atau tidak. Mengingat begitu banyak hal yang terjadi di internet, penting bagi Anda berinvestasi dalam strategi digital marketing yang solid. Mulailah dengan mengkaji kebutuhan Anda, dan tahan godaan untuk menyebar ke terlalu banyak area marketing online secara sekaligus.

Dari sana, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor penting seperti riset audiens, content marketing, influencer, dan pengukuran. Jika bisa membangun strategi dengan mempertimbangkan elemen-elemen ini, Anda bisa menciptakan strategi digital marketing yang efektif sesuai kebutuhan organisasi Anda. Bersambung . . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.