Marketing.co.id – Berita Marketing | Di tengah era yang penuh tantangan, keterbatasan, dan ketidakpastian, peran tim penjualan dan pemasaran menjadi semakin krusial. Mereka berada di garda terdepan, menjaga kinerja bisnis dan merancang pengalaman pelanggan yang tak terlupakan. Mengakui pentingnya peran ini, penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2023 dan Indonesia Sales Team Champions 2023 pun digelar.
Penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2023 diberikan kepada tim atau perusahaan yang berhasil menciptakan pengalaman pelanggan positif dan mengesankan. Sedangkan Indonesia Sales Team Champions 2023 diberikan kepada tim atau perusahaan yang meraih prestasi gemilang dalam penjualan berkat manajemen tim sales yang profesional, efektif, dan efisien.
Acara penghargaan diawali dengan seminar daring berjudul “Winning Customer Hearts & Wallets: Unlocking Valuable Insight from the Champions”. Para pembicara, antara lain Steven (Head of Commercial Strategy PT HM Sampoerna Tbk.), Dwi Lesmana (GM Sales & Distribution PT Fastrata Buana – Kapal Api Group), dan Charles Wonsono (Strategy and Business Effectiveness Senior General Manager of Siloam Hospitals Group).
Kemal E. Gani, Chief Editor SWA Media Group, menjelaskan bahwa kedua program penghargaan ini bertujuan untuk mencari praktik terbaik dalam dunia penjualan dan pemasaran. Pemenang penghargaan telah melalui proses seleksi dan penilaian ketat dari dewan juri yang terdiri dari CEO, akademisi, praktisi, dan pakar bisnis senior di bidang penjualan dan pemasaran.
“Tim yang tangguh dalam sales dan pemasaran, khususnya customer experience team, adalah kunci keberhasilan dalam pemasaran produk dan jasa. Oleh karena itu, kami dari Business Digest dan SWA menyelenggarakan program gabungan ini,” ungkap Kemal.
Dalam sesi sharing-nya, Steven dari PT HM Sampoerna Tbk. membagikan tiga strategi utama yang dijalankan perusahaan tersebut untuk memenangkan hati pelanggan. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi AI untuk membangun aplikasi yang mendukung kebutuhan bisnis retailer. Dwi Lesmana dari PT Fastrata Buana (Kapal Api Group) menekankan pentingnya mengenal secara dalam kebutuhan pelanggan (retailer) dan memberikan solusi, seperti aplikasi Fastmart untuk mengatur supply dan stok produk.
Siloam Hospital Group juga memaparkan strategi komprehensif untuk membangun pengalaman aman dan nyaman bagi pelanggan. Ini termasuk mendengarkan dan mempelajari suara pelanggan melalui teknologi SOFAST (Siloam Online Feedback Agrigator System), transformasi digital internal perusahaan, dan mendigitalisasi seluruh perjalanan pelanggan.
Beberapa perusahaan yang meraih penghargaan meliputi PT HM Sampoerna Tbk., Urban Republic dari Erajaya Active Lifestyle, PT. INTEGRITAS BERKAH BERLIMPAH RUAH (FDC DENTAL CLINIC), PT Bank Permata Tbk, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Siloam Hospitals Group, BPJS Ketenagakerjaan, PT Bank Central Asia Tbk, PT Great Eastern Life Indonesia, Lion Parcel, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, blu by BCA Digital, PT. Fastrata Buana, PT Tumbakmas Niagasakti, PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance), PT Polytama Propindo, PT Paramount Enterprise International (Paramount Land), PT. Tigaraksa Satria, Tbk, dan blu by BCA Digital.