Harpelnas 2022: Cara Pocari Sweat Menciptakan Pelanggan Loyal dan Setia

Sudarmadi Widodo, Human Capital Development and Corporate Affair Director PT Amerta Indah Otsuka. Foto: Istimewa.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Impian sebagian besar para pengusaha saat ini adalah  memiliki basis pelanggan setia dengan jumlah yang besar dan sering melakukan pembelian (loyal), memberikan ulasan positif tentang brand di internet serta selalu merekomendasikan pelanggan baru.

Bukan tanpa sebab, sebuah survei menunjukkan bahwa pelanggan yang sangat terlibat dengan brand cenderung lebih sering membeli (90%), dan membelanjakan lebih banyak uang (60%) dibandingkan pelanggan baru.

Jelas, ini menunjukkan bahwa strategi loyalitas pelanggan harus menjadi salah satu prioritas utama bisnis saat ini. Sudarmadi Widodo, Human Capital Development and Corporate Affair Director PT Amerta Indah Otsuka pun mengakui betapa pentingnya memiliki pelanggan yang loyal dan setia.

PT Amerta Indah Otsuka adalah persusahaan yang menaungi minuman isotonik pengganti ION tubuh POCARI SWEAT, camilan sehat dari kedelai SOYJOY, minuman elektrolit rendah kalori ION WATER, minuman bervitamin mengandung madu ORONAMIN, dan minuman serat harian FIBE MINI.

Lalu, bagaimana PT Amerta Indah Otsuka menciptakan pelanggan loyal dan setia?

Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional 2022 yang diperingati setiap tanggal 4 September, Widodo kepada Marketingcoid mengatakan bahwa berkembangnya PT Amerta Indah Otsuka hingga saat ini tak lepas dari loyalnya pelanggan yang terus mengonsumsi produk-produk yang memiliki benefit kesehatan tersebut. Hal itu sesuai dengan visi perusahaan, yakni “Menjadi perusahaan brilliant dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat.”

Dalam menjaga engagement pelanggan, Widodo menjelaskan, perusahaan fokus menjaga tingkat kepuasan pelanggan. Hal yang dilakukan di antaranya adalah menjalankan customer centric organization, yakni menjadi perusahaan yang tidak hanya fokus dalam menjual dan mengejar target penjualan, namun juga menjadi perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik dengan penuh ketulusan.

Dalam proses penjualan misalnya, tim sales dipastikan harus selalu memiliki penampilan yang rapi dan senyum ketika mengunjungi outlet penjualan. Selain itu, tim sales juga menjunjung tinggi tingkat kesopanan dalam bersikap dengan melakukan senyum, salam, dan sapa yang penuh keramahtamahan, akrab serta antusias.

Service excellence yang diberikan kepada outlet penjualan dengan ‘Bedah Toko’, yaitu dengan membantu membersihkan, merapihkan, dan menyusun barang dagangan di outlet penjualan. Sehingga, pelanggan mendapatkan experience yang baik,” ujar Widodo.

“Dengan demikian, outlet penjualan merasa terbantu dan hal tersebut dapat membuat konsumen yang datang ke outlet penjualan merasa lebih nyaman untuk membeli produk,” lanjut Widodo.

Selain produknya memiliki benefit baik untuk kesehatan serta implementasi pelayanan yang berorientasi kepada pelanggan, Widodo berharap dapat terus menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sehingga, hal tersebut membuat perusahaan dapat terus bertumbuh dan berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here