Hari Perempuan Internasional 2024: “Memancing” Cuan di eCommerce

Vanda Monica, Pemilik Toko Mancing_StellaProducts Official dan City Leader di Lazada Club Malang

Marketing.co.id – Berita UMKM  | Di tengah maraknya perkembangan bisnis industri kecantikan dan fesyen yang dipelopori oleh perempuan, siapa sangka bahwa bisnis industri olahraga dan outdoor yang konon didominasi oleh laki-laki justru mampu membawa perempuan memancing cuan untuk menuju kesuksesan bisnisnya.

Vanda Monica, ibu rumah tangga asal Malang, memutuskan menggeluti toko peralatan alat pancing dan olahraga di platform eCommerce Lazada, di tengah kesibukannya mengurus keluarga. Hasilnya, untung dan sukses bisa ia raih!

Perjalanan usaha Vanda di eCommerce mungkin senada dengan penjual perempuan lain di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga. Mau tak mau, sebagai ibu rumah tangga Vanda harus membagi waktu antara urusan keluarga dan berwirausaha. Meski tidak memiliki pengalaman berwirausaha, Vanda memulai perjalanan bisnisnya pada 2018 dengan menjual tas di Lazada.

“Awalnya saya hanya menjadikan bisnis online sebagai hobi. Namun ternyata, pelanggan yang datang ke toko saya semakin banyak. Akhirnya saya memutuskan untuk mendedikasikan lebih banyak waktu dan tenaga untuk fokus membesarkan usaha saya,” jelas Vanda.

Pada akhir 2019, perubahan pada peraturan impor berdampak pada usahanya yang membuat Vanda harus membuat perubahan besar dalam usahanya. Vanda beralih ke menjual alat-alat pancing karena melihat keinginan pasar akan memancing dan beraktivitas di luar ruang yang terus meningkat menuju akhir pandemi.

Meskipun awalnya tidak memiliki pemahaman mendalam mengenai peralatan memancing, Vanda pantang menyerah untuk mempelajari kebutuhan serta keinginan pelanggan barunya. Berbekal pengalaman selama berbisnis di Lazada serta berbagai pelatihan online dan offline yang diikutinya bersama komunitas penjual, Vanda berhasil meraih kesuksesan di kategori olahraga dan outdoor.

Tak disangka bahwa strategi beralih industri ini membawa Vanda dapat “memancing” kesuksesan bisnisnya. Selain menambah pemasukan untuk keluarga, Vanda juga membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar. Sebagai seorang City Leader atau pemimpin komunitas penjual Lazada Club di Malang, ia aktif mendorong penjual lain, khususnya perempuan, untuk memulai dan meraih kesuksesan pada bisnis online mereka.

Vanda berharap bisa terus mengembangkan usaha di kategori olahraga dan outdoor ini. Ia juga berharap bisa menjadi inspirasi bagi perempuan lain yang ingin memulai bisnis online sendiri.

Kunci kesuksesan Vanda adalah keberaniannya untuk terus berinovasi dan mengambil peluang sedini mungkin ketika banyak yang belum melihatnya. “Menjadi wirausaha perempuan tidaklah mudah; harus bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga. Meski banyak tantangan, saya tetap semangat. Dimulai dari menjual tas, lalu beralih ke peralatan memancing di Lazada, saya menyadari bahwa keuletan bisa mengubah mimpi menjadi kenyataan,” lanjut Vanda. “Saya berharap bisa menginspirasi orang lain untuk menghadapi tantangan dan mengejar mimpi dengan tekad kuat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.