Habitat Indonesia dan Amazon Web Services Berdayakan Masyarakat Karawang Lewat Program InCommunities

Marketing.co.id  –  Berita Marketing| Habitat for Humanity Indonesia bersama Amazon Web Services (AWS) menggelar inagurasi program CSR 2023 di Karawang sebagai bagian dari komitmen pengembangan masyarakat. AWS melalui program InCommunities selalu berupaya untuk menjadi bagian dan terintegrasi dengan komunitas masyarakat di setiap lokasi operasional AWS. Hal ini dilakukan seiring dengan program yang dilakukan pada tahap sebelumnya telah memberi dampak yang sangat positif bagi masyarakat di Karawang.

Melanjutkan komitmen tersebut, AWS menginsiasi berbagai program terkait kesehatan, pendidikan, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan kesejahteraan, dan pengelolaan lingkungan.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia mengapresiasi komitmen AWS dalam pengembangan masyarakat Karawang. “Dampak positif dari proyek CSR AWS terbukti nyata. Masyarakat yang dulunya sulit memperoleh air bersih kini mendapatkan air bersih dengan mudah. Lingkungannya juga lebih bersih dan sehat sekarang,” tutur Susanto pada Inagurasi program CSR 2023 Habitat for Humanity Indonesia bersama Amazon Web Services (AWS) di Karawang (16/6).

Baca juga: Aksi CSR Pertamina di Kebumen International Expo 2023

Ditambahkannya, pelatihan yang diberikan AWS juga telah membantu masyarakat berkembang di bidang baik kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi. “Salah satunya pelatihan UMKM, masyarakat kini lebih mengerti mengelola bisnis dan keuangan sekarang. Harapannya hal tersebut dapat meningkatkan penghasilan mereka ke depan,” katanya.

Sejak 2022, Habitat for Humanity Indonesia dan AWS telah menyelesaikan berbagai program pengembangan masyarakat di Karawang berupa pembangunan 4 POSYANDU, 1 PUSTU, 1 PUSKESOS, 1 PUSKESMAS, 1 ruang ramah anak, 2 unit sarana air bersih, 5 bedah warung UMKM, dan 1 unit tempat pemilahan sampah.

Peningkatan kapasitas masyarakat juga dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada 30 UMKM, pelatihan pengelolaan sarana air bersih kepada 30 komite pengelola, dan pelatihan mitigasi bencana di 10 desa. Pembagian alat pendukung usaha kepada 3 UMKM dan penyediaan kendaraan pengangkut sampah juga turut dilakukan.

Habitat for Humanity Indonesia - Amazon Web Services (AWS)
Habitat for Humanity Indonesia bersama Amazon Web Services (AWS) menggelar inagurasi program CSR 2023 di Karawang sebagai bagian dari komitmen pengembangan masyarakat. AWS melanjutkan komitmennya khususnya pada program-program terkait kesehatan, pendidikan, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan kesejahteraan, dan pengelolaan lingkungan

Seluruh program tersebut diimplementasikan di 7 desa, yakni Desa Kutamekar, Kutapohaci, Mulyasari, Margakaya, Margamulya, Wanakerta, dan Tegalega. Lebih dari 5.000 penerima manfaat telah menikmati berbagai program yang digagas Habitat for Humanity Indonesia dan AWS.

AWS berharap, ketersediaan fasilitas pelayanan publik ini akan memudahkan masyarakat di Karawang untuk mendapatkan hak dasar pelayanan agar derajat kesehatan maupun kesejahteraan mereka meningkat secara luas dan menyeluruh.

Wakil Bupati Kabupaten Karawang Aep Syaepuloh mengapresiasi kepedulian AWS dan Habitat terhadap masyarakat di Karawang. “AWS memiliki komitmen yang sangat luar biasa, betul-betul memberikan bukti nyata. Meski belum terlalu lama di Karawang, tapi dampak yang diberikan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.” ungkap Aep.

Aep mengatakan dengan dibangunnya PUSTU (Puskesmas Pembantu), masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. “Harapannya, masyarakat di sini tidak akan jauh-jauh berobat,” ujarnya.

Baca juga: RHJ & Ajinomoto Salurkan Pakan Ternak untuk Peternak Karawang

Ia juga mengapresiasi pelatihan mitigasi dan pelatihan UMKM yang diberikan AWS. “Memang perlu, mengingat Ciampel ini daerah yang rawan bencana dan kawasan industri. Terima kasih kepada AWS dan Habitat, harapannya tidak hanya sampai disini tapi kedepan dapat terus memberikan bukti nyata bagi masyarakat Karawang.” tutupnya.

Peresmian program CSR AWS 2023 diramaikan dengan bazaar UMKM yang ikut tampil menjual barang produksinya. “Tidak menyangka sama sekali dibantu AWS dan Habitat. Jadi lebih semangat melanjutkan usahanya. Semoga ke depan omsetnya bisa lebih meningkat.” ungkap Hani Siti, penerima manfaat warung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here