Gandeng SMA 1 PSKD Jakarta, SnackVideo Adakan Seminar dan Workshop tentang Digitalisasi Pendidikan

Marketing.co.id – Berita Digital | SnackVideo, sebagai platform media sosial video pendek, terus mendukung kolaborasi yang mendorong pemanfaatan video pendek dalam pengembangan pendidikan dan berbagai bidang lainnya. Kali ini, SnackVideo menjalin kerjasama dengan SMA 1 PSKD Jakarta melalui seminar dan workshop yang membahas digitalisasi pendidikan serta peran video pendek dalam perkembangan pendidikan di Indonesia.

SMA 1 PSKD Jakarta adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan digitalisasi dalam proses belajar mengajar. Mereka telah memulai program Online Media dan Broadcasting (OMB) sejak tahun 2018, yang bertujuan membantu siswa dalam memahami konten dan media online. Sebagai bagian dari program ini, para siswa di SMA 1 PSKD Jakarta diajak untuk membuat laporan tugas dalam bentuk video pendek dan melakukan live streaming dengan menggunakan platform SnackVideo. Selain itu, sekolah ini juga dikenal sebagai pelopor program esport di dunia pendidikan sejak 2016.

Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia, menyampaikan, “Kolaborasi dengan institusi pendidikan seperti SMA 1 PSKD Jakarta akan memperkaya konten video pendek di SnackVideo. Video pendek yang berisi materi pelajaran dengan kreativitasnya tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa, tetapi juga memperluas wawasan penonton. Langkah unik ini, di mana siswa diminta untuk mengunggah tugas dalam bentuk video pendek di SnackVideo, dapat menjadi contoh positif untuk institusi pendidikan lainnya dalam menerapkan digitalisasi pendidikan.”

Dalam seminar dan workshop ini, Dina Bhirawa menekankan bahwa transformasi digital di pendidikan adalah sebuah keniscayaan. Sekolah perlu memilih pendekatan digital yang sesuai untuk siswa mereka, dan penggunaan video pendek dalam penyampaian materi pelajaran, seperti yang telah dilakukan oleh SMA 1 PSKD Jakarta, adalah langkah yang tepat. Survei Ipsos dan SnackVideo yang termuat dalam “Indonesia Short Video White Paper 2023” menunjukkan bahwa video pendek telah menjadi platform favorit masyarakat untuk mencari informasi dan konten edukatif, dengan tingkat penetrasi mencapai 70 persen. Dari survei tersebut, juga terlihat bahwa durasi menonton video pendek rata-rata mencapai 2,1 jam per hari, yang menandakan bahwa konten informatif dan edukatif diminati oleh masyarakat.

SnackVideo memberikan apresiasi atas langkah SMA 1 PSKD Jakarta dalam mengintegrasikan program pembinaan esport dan program Online Media Broadcasting dalam pendidikan. Selain itu, sekolah ini memberikan beasiswa jalur prestasi bagi siswa yang berbakat di bidang esport untuk membantu meringankan biaya pendidikan.

Yohannes Siagian, Kepala Sekolah SMA 1 PSKD Jakarta, menyatakan, “Kami mendorong siswa kami untuk meraih prestasi tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga non-akademik. Esport bukan sekadar bermain game, tetapi juga pembelajaran berbagai keterampilan yang mendukung pengembangan siswa. Program Online Media Broadcasting juga mengasah kreativitas siswa dalam dunia digital. Kami yakin bahwa konten dan platform digital seperti SnackVideo memegang peranan penting dalam ekonomi berbasis konten.”

Seminar dan workshop ini juga melibatkan content creator SnackVideo, Aprina Tirza (Apiww), yang berbagi pengalaman dan tips kepada siswa SMA 1 PSKD Jakarta tentang pembuatan video pendek yang kreatif. Apiww, yang merupakan salah satu livestreamer sukses di SnackVideo, memberikan saran kepada pemula untuk aktif melakukan live streaming, memilih topik yang menarik, dan berinteraksi dengan penonton.

Kolaborasi SnackVideo dengan institusi pendidikan akan terus berlanjut, mencerminkan komitmen SnackVideo dalam menciptakan ekosistem yang inklusif dan positif bagi seluruh masyarakat untuk berekspresi melalui video pendek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here