Facebook Susul YouTube dalam Konten Video

[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Facebook Susul YouTube dalam Konten Video
by: Globe One

Siapa yang tak kenal dengan YouTube? Situs ini memang menjadi andalan bagi mereka yang menyuguhkan konten video. Meski begitu, menurut survei yang kutip oleh Mashable dari Socialbakers, kepopuleran YouTube tampaknya mulai tergusur.

Ya, situs yang dianggap sebagai rumah para insan penikmat gambar bergerak itu mulai disusul oleh Facebook dalam hal postingan video. Padahal, video merupakan konten utama dari anak perusahaan Google yang didirikan sejak tahun 2005 tersebut.

“YouTube mulai kehilangan nama sebagai platform kunci pendistribusian video. Menurut laporan dari Socialbakers, video yang tumbuh di Facebook menjadi lebih populer,” tulis Mashable dalam lamannya.

Di sana dijelaskan pula bahwa kepopuleran Facebook terlihat dari jumlah postingan video pada News Feed yang terus meningkat. Analisis ini didasarkan pada 20.000 Facebook Pages pemilik merek, media, selebriti dan perusahaan hiburan, serta 180.000 posting selama 12 bulan terakhir, termasuk yang ada pada desktop maupun mobile.

Facebook Susul YouTube dalam Konten Video 1

Kendati dominasi YouTube masih belum terkalahkan sepenuhnya, yakni masih menjadi situs yang paling banyak memiliki konten video, namun tingkat keterlibatan video di Facebook cukup tinggi, yakni mencapai angka 70%.

Facebook Susul YouTube dalam Konten Video 2

“Ini merupakan masalah besar untuk YouTube, mereka bisa kehilangan banyak persentase distribusinya,” ungkap CEO dan salah satu pendiri Socialbakers, Jan Rezab.

“Sementara untuk Facebook, ini merupakan nilai plus yang sangat besar untuk mereka. Dengan meningkatnya jumlah konten video, bahkan juga keterlibatannya, Facebook akan semakin digemari,” lanjut Rezab.

Pada bulan September, Facebook mengatakan bahwa pihaknya melayani hingga 1 miliar video per hari. Angka tersebut merupakan dua per tiga dari total jumlah dari yang di ponsel. Mereka juga menjelaskan bahwa dalam rentang waktu antara Mei hingga Juli, pertumbuhan video di Facebook melonjak hingga 50%. Luar biasa bukan?

Jika terus begini, bukan tidak mungkin jika dominasi YouTube dalam hal konten video nantinya tergantikan oleh Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here