Epson Indonesia Komitmen Tingkatkan Produk Berkelanjutan Bersertifikasi TKDN

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pemerintah Indonesia melalui peraturan terbarunya No. 12 tahun 2021 telah menginisiasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai upaya standarisasi untuk memperkuat struktur industri dalam negeri.

Kemenperin RI menetapkan nilai TKDN rata-rata mencapai 46,3% pada tahun 2020 dan diharapkan dapat meningkat menjadi 50% pada tahun 2024.

Epson Indonesia sebagai merek global yang beroperasi di Indonesia, dalam beberapa produk berkualitasnya telah menghadirkan kandungan lokal yang tinggi untuk memenuhi persyaratan standar TKDN.

Faktor yang telah dipenuhi oleh Epson Indonesia sesuai standar nilai TKDN antara lain persentasi komponen dalam negeri yang tinggi, termasuk bahan material, tenaga kerja dan bahan yang dimiliki semua berasal dari Indonesia.

Selain produk, faktor lain yang persyaratannya telah dipenuhi oleh Epson adalah sertifikasi untuk bobot manfaat perusahaan (BMP) yang mencakup faktor atau kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan kontribusi kepada masyarakat Indonesia.

Kegiatan CSR berupa transplantasi terumbu karang oleh Epson Batam. Epson Indonesia telah memenuhi persyaratan sertifikasi untuk bobot manfaat perusahaan (BMP) sebagai salah satu syarat dalam pemenuhan TKDN. Foto: Ist.

Salah satunya adalah kegiatan CSR seperti pelepasan penyu dan tukik di Banyuwangi oleh Epson Indonesia, penghijauan hutan di Kalimantan oleh Indonesia Epson Industry dan Transplantasi Terumbu Karang oleh Epson Batam.

Tak luput juga Epson Indonesia telah memaksimalkan kandungan lokal dalam produksinya dengan menghasilkan lebih dari 20 produk bersertifikasi TKDN dari printer scanner hingga tangki tinta Epson.

Beberapa produk Epson yang telah memiliki sertifikast TKDN antara lain scanner warna DS-1630 dan printer multifungsi M15180, dimana keduanya diproduksi di pabrik Indonesia dan didistribusikan ke seluruh Indonesia dan dunia.

Beberapa langkah di atas yang telah dilakukan untuk memberikan nilai positif bagi perusahaan dan pelanggan serta upaya konsisten untuk memenuhi standar nilai TKDN, sejalan dengan kampanye regional Epson “Engineered for Good” di Asia Tenggara.

Epson Indonesia terus mengajak masyarakat Indonesia menggunakan produk bersertifikasi TKDN untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan untuk bangsa ini.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here