Marketing- Inovasi adalah kunci mempertahankan eksistensi perusahaan dan merek yang dinaunginya agar terus bertahan dalam waktu yang lama.
Seperti halnya Enesis Group, perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) yang mampu bertahan lebih dari tiga dekade di tengah persaingan global yang kian sengit.
Eksistensi tersebut sejatinya tak terlepas dari inovasi yang dilakukan Enesis Group secara konsisten dengan terus meluncurkan produk-produk terbaru untuk memberikan yang terbaik demi kepuasan pelanggan.
Menandai ulang tahun yang ke- 31, Enesis Group meluncurkan Coolant Lychee, varian baru dari Coolant, minuman hipotonik.
“Buah leci menjadi tren campuran minuman atau varian rasa minuman yang disukai kaum milenial,” kata Budiman Goh, COO Enesis Group di sela-sela acara kebersamaan (gathering) karyawan di Water Kingdom Mekarsari, Bogor, Jawa Barat.
Selain memiliki cita rasa yang manis segar, leci kaya akan vitamin C sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
Berbeda dengan minuman leci lainnya yang menggunakan essens. Coolant Lychee mengandung jus leci asli, serta ion yang cepat diserap tubuh dan mengandung penyejuk alami sehingga membantu menurunkan panas tubuh.
“Varian leci melengkapi varian Coolant Bengkoang dan Coolant Starfruit. Sejauh ini penjualan Coolant cukup positif dengan pertumbuhan sekitar 20% selama semester I-2019,” ungkap Budiman.
Super Aplikasi
Generasi milenial sangat akrab dengan teknologi, mereka juga memiliki gaya hidup yang berbeda karena banyak dipengaruhi oleh informasi dari internet. Dalam mengakomodir kebutuhan kaum milenial, dan memberikan pengalaman yang baru bagi konsumen, Enesis Group meluncurkan super apps bernama Enesmart.
Budiman menilai konsumen mencari hal-hal yang berbeda dan lebih bermakna yang membuat mereka tertarik terhadap suatu produk atau pelayanan.
“Aplikasi Enesmart adalah rumah promosi luar biasa berbasis digital yang dihadirkan untuk konsumen Enesis dengan fitur menarik dalam satu aplikasi smartphone secara terpadu,” jelas dia.
Fitur-fitur yang disediakan antara lain seperti fitur berbelanja online produk Enesis, berkomunikasi bagi sesama konsumen Enesis, info promo, jadwal event dan digital activation, mendapatkan voucher hadiah, bermain game dan survei.
Melalui aplikasi ini Enesis dapat mengapresiasi keberadaan konsumen melalui reward yang diberikan dan juga memelihara dan menjaga hubungan yang baik antara brand-brand Enesis dengan konsumennya.