Dunia Marketing Itu Sangat Menyenangkan

0
841

Daniel S Parulian, Head of Marketing Trans F&B

Marketing.coid – Berita Marketing | Berkarir di dunia marketing memberikan tantangan dan peluang tersendiri. Dengan teknologi digital yang terus berkembang, begitu pula peluang untuk memasarkan produk secara efektif.
Dengan begitu, seseorang yang berkarir sebagai pemasar tak hanya akan mempelajari teknik pemasaran baru dan berkembang secara pribadi, tetapi juga memiliki kesempatan untuk berkembang dari sisi karir. Hal inilah yang dialami oleh Daniel S Parulian, pria lulusan Universitas Brawijaya yang kini menjabat sebagai Head of Marketing Trans F&B.
Daniel telah bergabung dengan Trans Corp selama sepuluh tahun dan menduduki jabatan saat ini sejak setahun lalu. Diakuinya bekerja di bidang marketing itu lebih banyak suka daripada duka.
“Dukanya ada kalanya hal yang kita lakukan dengan partner tidak jelas, istilahnya harapan palsu. Sisi sukanya kita dapat mengukur impact langsung dari activity marketing ke dalam sales atau profit/loss”, jelasnya.
Selain itu, menurutnya bekerja di dunia marketing memberikannya banyak kesempatan untuk mengembangkan potensi diri.
“Menambah relasi, menambah kebahagiaan karena kita selalu bertemu orang, negosiasi dengan beberapa orang dan dalam negosiasi biasanya akan ada tawa,” jelasnya lagi.
Sebagai seorang Head, Daniel mengakui ada banyak sekali ide segar dalam strategi marketing, tetapi untuk mengimplementasikannya dibutuhkan asesmen. Setelah asesmen, apabila ide tersebut tidak memenuhi kebutuhan perusahaan, maka diperlukan evaluasi dan perubahan. Ia perlu mengingatkan anggota timnya bahwa aktivitas marketing harus memiliki dampak terhadap sales atau profit, bukan hanya sekadar branding.
Menurut Daniel, dunia marketing di era digital sangat dipengaruhi oleh peran teknologi. Penggunaan media sosial contohnya, dapat menangkap peluang pasar yang lebih besar dengan biaya yang lebih terjangkau daripada media konvensional.
Di masa mendatang Daniel berharap dapat menjadikan brand produk yang dipasarkannya menjadi top of mind untuk masing-masing kategori makanan. Untuk mencapai target tersebut, menurutnya dapat dilakukan dengan memperkuat aktivitas digital, memperluas kemitraan, inovasi produk dan pengalaman.
“ Saya akan memperkuat digital activity, memperluas partnership, inovasi product dan experience. Strategi saya mengacu pada FAST – Food Ambience Service Trending,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here