Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Dukung Penjual Go Global, Zilingo Gelar Loyalty Program

Potensi pasar industri e-commerce di Indonesia masih sangat besar. Berdasarkan data Nielsen bertajuk “Indonesia Ocean of Opportunities Overcoming Dead Win and Riptide 2017” menyebutkan, pasar e-commerce Indonesia diprediksi akan menguasai 52% dari seluruh e-commerce di kawasan Asia Tenggara.

Belum lagi shopping search engine, Priceza mencatat data untuk wilayah Asia Tenggara selama 6 bulan terakhir (Januari-Juni 2018) menyebutkan bahwa kategori fashion adalah produk yang paling banyak dicari di Asia Tenggara. Kategori ini memuncaki daftar pencarian di Indonesia (24,11%), Vietnam (22,65%), dan Thailand (12,12%).

Besarnya demand akan produk fashion online di Tanah Air, juga membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk melebarkan sayap ke pasar internasional. Terlebih, peralihan para UMKM dari channel distribusi offline ke online terbilang tinggi. Peluang inilah yang kemudian melandasi Zilingo – marketplace fashion dan lifestyle di Asia Tenggara, untuk menggelar program Seller Loyalty Program Zilingo yakni Apresiasi dan Edukasi. Salah satunya adalah melalui program beasiswa pendidikan bahasa inggris.

Melina Marpaung, Head of Marketplace PT Zilingo Tech Indonesia mengatakan, “Ini merupakan bentuk penghargaan kami terhadap para seller yang loyal, bersedia untuk tumbuh bersama dengan bisnis Zilingo di Indonesia. Dimana, kemampuan berbahasa inggris sangat penting di pasar perdagangan global. Terlebih para seller Zilingo membidik pasar fashion Asia sekaligus untuk menyongsong datangnya era free trade 2020. Dengan kapabilitas berbahasa inggris yang cakap, tentunya memperbesar peluang mereka untuk mengembangkan bisnis lebih luas lagi ke ranah global,” ujar Melina.

Sebanyak 200 seller Zilingo dari 18 provinsi di Indonesia akan mendapatkan loyalty program, yang resmi dimulai pada Oktober hingga Desember 2018. Dalam program tersebut, Zilingo menunjuk beberapa lembaga pendidikan bahasa inggris kompeten sebagai tenaga pengajar untuk para seller. Menariknya, beasiswa les bahasa inggris ini pun bisa dialihkan kepada anak dari seller sebagai penerima.

Chandni Chainani, Head of Sales Zilingo menambahkan,”Sebanyak 200 peserta Seller Loyalty Program merupakan seller Zilingo yang berhasil meraih angka penjualan tertinggi sepanjang tahun 2017 hingga pertengahan 2018. Pertimbangan lainnya adalah konsistensi dalam hal reputasi pelayanan (service),”. Dia menambahkan, pertumbuhan seller lokal yang juga sebagai produsen pun meningkat tajam seiring pertumbuhan bisnis Zilingo di Indonesia.

Selain beasiswa pendidikan bahasa inggris, kegiatan lain dari Seller Loyalty Program Zilingo adalah dengan memberikan fasilitas medical check up secara gratis dari salah satu klinik kesehatan nasional ternama. “Mendatang, tidak menutup kemungkinan Loyalty Program Zilingo akan dikembangkan dalam wujud kegiatan lain yang lebih beragam. Ini mengingat selama kurun waktu 4 bulan sejak peluncuran kampanye #SiapaSihLo pada Maret 2018 lalu, Zilingo sudah berhasil mendatangkan 7 juta pengunjung setiap bulannya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top