Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Digitalisasi Sistem Keuangan Sekolah, Tata Skola dan IGI Berkolaborasi

Kolaborasi Tata Skola dan Ikatan Guru Indonesia dalam mewujudkan sistem digitalisasi keuangan sekolah yang aman dan transparan

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Tataskola Teknologi Indonesia (Tata Skola) dan Ikatan Guru Indonesia wilayah Jakarta (IGI Jakarta) bekerja sama dalam mewujudkan system digitalisasi keuangan sekolah yang aman dan transparan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menekankan pentingnya adaptasi teknologi pada sektor pendidikan saat ini. Pada acara pertemuan Forum dan Bisnis Indonesia dengan Amerika Latin dan Karibia tahun 2021 (INA-LAC Business Forum 2021), Nadiem mengatakan bahwa terdapat dua inisiatif utama pada program digitalisasi sekolah, yaitu distribusi perangkat Teknologi Informasi (TI) ke sekolah dan pengembangan platform digital pendidikan secara gratis.

Wakil Direktur Tata Skola Patricia Sanjoto mengaku senang dengan besarnya dukungan Pemerintah untuk digitalisasi sekolah di Indonesia. Tentunya, banyak sekolah yang dapat terus mengembangkan kompetensi tata kelola sekolah dengan meningkatnya adaptasi teknologi di lingkungan sekolah.

“Tata Skola hadir dengan melihat banyaknya sekolah-sekolah di Indonesia yang masih menerapkan metode konvensional dalam tata kelola mereka, terutama dalam keuangan,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Tata Skola pada Februari-Maret 2021, banyak sekali terjadinya kesalahan data atau laporan yang tidak akurat dikarenakan banyaknya data yang harus diinput secara manual, tidak praktis, serta membutuhkan banyak waktu.

Pada ekosistem keuangan yang sudah digital, semua itu dilakukan secara praktis dan otomatis. Dengan seperti itu, sekolah dapat meminimalkan kesalahan dan meringankan pekerjaan bendahara dan tata usaha.

“Harapan kami teknologi canggih Tata Skola mampu mempermudah tata kelola sekolah lebih praktis dan efisien serta sekolah yang sudah menerapkan digitalisasi dengan Tata Skola dapat menginspirasi sekolah lainnya juga,” lanjut Patricia.

Ketua IGI DKI Jakarta Djamaludin mengatakan bahwa digitalisasi pendidikan yang menyeluruh perlu diadaptasi sekolah di Indonesia. Dengan ekosistem keuangan sekolah yang digital, kecil kemungkinan kesalahan yang dilakukan pihak sekolah dalam merekap semua keuangan.

Selain itu, dengan adanya digitalisasi keuangan sekolah menghadirkan transparansi antara pihak tata usaha maupun bendahara, membantu kepala sekolah menganalisa kesehatan finansial sekolah, hingga mempermudah kepala yayasan dalam melihat arus kas sekolah.

Dari sisi orang tua murid, diharapkan dapat diberikan layanan yang dapat diakses di mana saja, kapan saja untuk pembayaran iuran sekolah sehingga dapat membayarkan tagihan secara tepat waktu. Hal ini tentunya mampu memberikan kenyamanan komunikasi antara sekolah dan orang tua murid, serta aman dalam menangani data sensitif dan juga bersifat pribadi.

Harapan kami Tata Skola mampu memberikan layanan tata kelola sekolah yang dapat mempermudah pekerjaan dan komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah,” pungkas Djamaludin.

Tata Skola akan resmi diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022 dan diberikan secara gratis ke seluruh sekolah di Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top