Digital Banking Anti Pusing, Kolaborasi Standard Chartered dan Bukalapak

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Melanjutkan pengumuman kemitraan di awal tahun ini, Standard Chartered Bank Indonesia (“Bank”) dan Bukalapak, meluncurkan aplikasi mobile layanan perbankan digital baru, dan akan segera dipublikasikan ke khalayak luas. Aplikasi layanan perbankan digital baru ini akan memungkinkan para penggunanya melakukan proses onboarding yang sepenuhnya digital dan tanpa verifikasi tatap muka, sebagai salah satu yang pertama di Indonesia*. Proses KYC (Know Your Client) akan sepenuhnya menggunakan teknologi keamanan dan otomatisasi yang canggih, serta mendayagunakan kecerdasan artifisial (artificial intelligence), pengenalan biometri wajah dan validasi E-KTP, sehingga membuka rekening di aplikasi ini dilakukan sepenuhnya berbasis teknologi terkini, dan menawarkan layanan perbankan yang aman bagi para nasabah di mana saja dan kapan saja.

Kolaborasi ini menjadikan solusi finansial baru ini sebagai salah satu layanan perbankan digital pertama di Indonesia yang memanfaatkan ekosistem e-commerce untuk memberikan layanan perbankan yang lebih inklusif dan menyeluruh bagi setiap masyarakat, terutama untuk masyarakat di luar kota-kota besar di Indonesia, yang membutuhkan akses cepat dan mudah ke layanan perbankan.

Dana yang disetorkan ke aplikasi layanan perbankan digital baru ini akan dikelola oleh Bank sesuai dengan peraturan perbankan yang berlaku dan sejalan dengan tata kelola perusahaan yang baik. Standard Chartered Bank Indonesia adalah Lembaga Perbankan yang telah memiliki izin usaha, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selayaknya produk perbankan lainnya, solusi finansial baru ini telah mendapat persetujuan dari OJK dan sedang menunggu persetujuan dari Bank Indonesia.

digital banking anti pusing
Digital Banking Anti Pusing, inovasi dari Standard Chartered danBukaLapak. (Foto: Bukalapak.com)

Solusi finansial digital baru ini, adalah perpanjangan layanan finansial yang ditawarkan di platform Bukalapak dan didukung oleh Standard Chartered Bank Indonesia. Solusi finansial ini akan tersedia di Google Play Store dan App Store untuk publik Indonesia dalam waktu dekat.

Keamanan menjadi salah satu prioritas aplikasi ini yang menggunakan teknologi nexus, solusi Banking-as-a-Service (BaaS) dari Standard Chartered. nexus by Standard Chartered mengaplikasikan pendekatan pertahanan berlapis untuk mengamankan layanan ini dari beragam ancaman dan serangan siber canggih, yang dapat menargetkan bagian mana pun dalam ekosistem teknologi, mulai dari peniruan identitas nasabah hingga penyusupan perangkat seluler atau infrastruktur sisi server.

Kendali keamanan nexus by Standard Chartered yang andal telah disesuaikan untuk memenuhi persyaratan Bank dan Regulator. Aplikasi mobile layanan perbankan digital baru ini mengimplementasikan enkripsi kelas industri (TLS1.2) untuk mengamankan data sensitif yang dalam transmisi dan yang tersimpan, untuk menjaga data tersebut terhindar dari pengintaian. Autentikasi multi-faktor dalam bentuk identifikasi perangkat yang kuat dan Soft Token PIN, digunakan untuk menjamin validasi identitas nasabah yang sahih sebelum akses diberikan ke rekening milik nasabah dan ke layanan aplikasi layanan perbankan digital tersebut. Selain itu, strategi ketahanan dunia maya produk ini mencakup penggunaan layanan pencegahan penolakan layanan dan teknologi komputasi awan yang menawarkan daya dan ketersediaan komputasi yang andal.

Di balik layar, sistem intelijen nexus by Standard Chartered memantau rekening dan transaksi untuk aktivitas mencurigakan selama 24 jam, sehingga para nasabah dapat melakukan transaksi perbankan bersama aplikasi layanan perbankan digital ini dengan tenang dan aman.

Andrew Chia, Cluster CEO, Indonesia & ASEAN Markets (Australia, Brunei, Filipina), Standard Chartered, berkata, “Posisi strategis dan pentingnya Indonesia di kawasan ini meyakinkan kami untuk memilih Indonesia sebagai lokasi pertama untuk meluncurkan teknologi baru nexus by Standard Chartered, layanan Banking-as-a-Service dari Standard Chartered. Dengan bermitra bersama Bukalapak, kami menciptakan solusi finansial untuk memberikan pengalaman transformatif yang berfokus pada nasabah, yang membawa konsep perbankan konvensional namun diadaptasikan ke dunia digital yang serba terkoneksi, dengan tetap menjalankan sistem pengamanan Bank untuk melindungi kerahasiaan data nasabah.”

“Konsisten dengan yang kami aspirasikan saat pertama memperkenalkan solusi ini tahun lalu, nexus by Standard Chartered akan memampukan Bank untuk secara efektif mengakuisisi dan melayani tidak hanya nasabah-nasabah kalangan menengah ke atas, tapi juga segmen pasar massal di Indonesia, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan dalam mengakses layanan jasa finansial yang terjangkau, Kemitraan unik ini akan berkontribusi dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia” tambah Andrew.
Hal senada juga disampaikan oleh Victor Lesmana, President BukaFinancial & Digital, “Solusi finansial baru yang kami luncurkan ini adalah inovasi layanan perbankan digital terbaru dari nexus by Standard Chartered dan Standard Chartered Bank, berkolaborasi dengan Bukalapak sebagai platform yang memungkinkan untuk menjangkau pasar massal di seluruh Indonesia. Inovasi ini akan menjadikan layanan perbankan digital ini yang pertama yang menggabungkan manfaat jangkauan platform e-commerce dan Banking-as-a-Service dari lembaga keuangan kelas dunia untuk memberikan akses layanan perbankan digital yang bisa diakses oleh siapa saja termasuk para UMKM, kalangan underbanked dan unbanked yang selama ini sulit mengakses layanan perbankan, dengan sistem keamanan yang canggih dan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini juga sebagai bagian dari upaya kami untuk menjembatani kesenjangan literasi keuangan dan membangun inklusi keuangan untuk mendukung terciptanya keadilan ekonomi bagi semua.”

Para nasabah dari aplikasi mobile layanan perbankan digital baru ini akan dapat menikmati pengalaman yang mudah dengan sejumlah fitur yang dihadirkan saat diluncurkan, seperti:
● Melakukan transaksi perbankan hanya dengan sentuhan jari kapan saja dan di mana saja. Dengan pengalaman onboarding rekening simpanan yang sepenuhnya dilakukan tanpa tatap muka dan tanpa verifikasi manual, nasabah dapat mengajukan aplikasi dan diterima hanya dalam hitungan menit.
● Bonus bunga dengan pembelanjaan minimum di Bukalapak. Penggemar belanja bisa mendapatkan bunga hingga 4%, mengikuti batas bunga penjaminan LPS yang berlaku saat ini, sehingga nasabah dipastikan mendapat keuntungan maksimal dan ketenangan pikiran dari perlindungan undang-undang atas dana simpanannya.
● Bebas transfer atau penarikan tunai per bulan tanpa biaya tambahan. Layanan perbankan digital ini memiliki jaringan yang mudah dijangkau dan tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga Nasabah dapat melakukan tarik dan simpan dana dengan sangat mudah.

Para konsumen yang berminat untuk mengetahui solusi finansial ini dapat mengunjungi https://www.bukalapak.com/promo-campaign/anti-pusing.

Bermula dengan ekosistem Bukalapak yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna dan 13.5 juta UMKM, solusi finansial ini hadir dengan misi untuk memperluas inklusi finansial dengan menyediakan akses kepada kalangan masyarakat yang mendapat akses layanan finansial terbatas (underbanked) dan kalangan masyarakat yang belum mendapatkan akses layanan finansial (unbanked)1.

Produk rekening tabungan dari aplikasi layanan perbankan digital baru ini akan menjadi satu dari beragam produk finansial yang akan diluncurkan sebagai bagian dari proposisi nexus by Standard Chartered, sesuai dengan persetujuan regulator.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here