Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Di Internet, Cerita Adalah Segalanya

Menulis narasi untuk kontenApa yang paling memengaruhi perilaku konsumen berbasis internet? Jawabannya adalah cerita. Ya, faktor terpenting yang harus Anda lakukan adalah dengan menyuguhkan cerita, bukan sekadar beriklan, meski niat Anda adalah promosi.

Iklan mungkin masih memiliki impact yang baik di media konvensional, tapi di media digital, cerita adalah komponen utama untuk menggugah perhatian publik agar memasuki situs Anda.

Lantas kenapa harus lari ke internet?

Bill Gates pernah meramalkan bahwa internet akan menjadi tempat yang banyak dikunjungi masyarakat untuk melakukan aktivitas sosial. Mulai dari jual-beli, berbagi gagasan, pengalaman, hingga mengetahui produk. Hasilnya terbukti, banyak e-commerce, market place, hingga forum bertebaran di media maya.

Meski begitu, istilah yang pernah diucapkan Gates, “konten adalah raja” mulai terbantahkan. Pasalnya, konten tidak selalu berisi cerita, sementara cerita sudah pasti berupa konten.

Setidaknya hal itulah yang dikatakan oleh PR News Online. Menurut mereka, kemampuan bernarasi adalah hal pertama yang perlu dimiliki oleh setiap komunikator, baik dalam menyampaikan pesan di ranah online, maupun offline. Karena tanpa narasi, komunikator tidak memiliki kesempatan untuk mendapat perhatian publik.

Tidak mudah memang merangkai cerita yang baik. Kendati begitu, bukan berarti tidak mungkin. Berikut adalah empat  langkah yang bisa Anda terapkan jika ingin belajar membuat cerita seperti yang diutarakan oleh Barbara Bates, CEO dan pendiri Eastwick Communications.

–          Untuk membangun sebuah narasi yang baik, dibutuhkan kombinasi antara keterampilan jurnalistik dengan creative writing.

–          Imajinasi. Mereka yang memiliki kemampuan imajinasi baik akan lebih mudah menuliskan hal-hal yang bisa membuat orang berimajinasi. Tidak hanya itu, imajinasi juga lebih kuat memengaruhi psikologi ketimbang cerita yang tidak bisa bayangkan.

–          Gunakan alur cerita yang menarik. Meski sumbernya sama, cerita yang akan disajikan pun tak jauh berbeda, tapi jika Anda pandai meramunya menjadi sebuah cerita menarik, akan ada banyak orang yang tertarik. Caranya, buat alur yang mengandung drama dengan menyelipkan sisi hiburan.

–          Cerita heroik. PR News Online menjelaskan perjalanan sang pahlawan yang banyak digunakan sebagai dasar dari banyak cerita, mitos, ataupun film, sangat menarik untuk disimak.

Setiap orang yang berselancar di dunia maya rata-rata lebih tertarik dengan cerita yang menginspirasi. Untuk itu, sajikan semua yang mereka butuhkan, jangan hanya berjualan.

 

Sumber: PR News Online | Foto: Folkmedia

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top