Deel Indonesia Bantu Sederhanakan HR untuk Tim Global

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Seringkali sebuah perusahaan besar yang ingin mengembangkan bisnis mereka secara global terkendala dalam manajemen sumber daya manusia terutama untuk mengatasi kontrak kerja, integrasi budaya, penggajian dan kepatuhan hukum.

deels.
Mark Samlal, APAC General Manager, Deel. Foto: marketing.co.id/lialily.

 

Deel, sebuah platform yang mendukung manajemen sumber daya manusia (SDM) untuk tim global, hadir pada Selasa (11/7/2023) di Jakarta, untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mengalami kendala sumber daya manusia.

Hingga saat ini, Deel telah memiliki lebih dari 15.000 pelanggan di lebih dari 150 negara. Deel memungkinkan perusahaan untuk membangun dan menjalankan tim global secara sederhana lebih dari sebelumnya.

Deel akan menangani semua kebutuhan SDM global dalam satu tempat, dengan kontrak sesuai peraturan lokal yang terdapat pada platform, serta berbagai pengaturan manajemen SDM yang dibutuhkan para pelanggannya.

Mark Samlal, APAC General Manager, Deel mengatakan, “Deel sudah ada sebelumnya di Australia, Jepang, Singapura dan Hongkong. Melihat perkembangan ekonomi Indonesia yang pesat, maka kami ingin mendukung para pebisnis di Indonesia untuk mendapatkan akses ke SDM terbaik secara global. Dengan pengetahuan akan SDM internasional serta teknologi inovatif, kami optimis akan dapat membantu perusahaan terutama manajemen SDM dengan tetap mematuhi persyaratan kerja sesuai negara setempat.”

Pada tahun 2030 diperkirakan kebutuhan SDM ahli menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mengalami kekurangan sebesar 47 juta tenaga digital terampil di Indonesia.

Saat yang sama, penelitian yang dilakukan oleh PwC mengungkapkan bahwa sekitar 53% pekerja Indonesia merasakan adanya kekurangan kesempatan untuk berkolaborasi dari rekan-rekan yang memiliki ketrampilan teknis atau digital yang tinggi.

Karen Ng, ASEAN Regional Lead, Deel pada kesempatan yang sama menambahkan, “Deel telah melakukan kerjasama dengan Telin (anak perusahaan PT. Telkom Indonesia) yang menandai awal operasi kami di Indonesia dan menggarisbawahi komitmen kami untuk mendukung upaya ekspansi bisnis di Indonesia.”

Banyak tenaga kerja asal Indonesia yang telah direkrut oleh perusahaan-perusahaan global untuk bekerja secara virtual. Perusahaan yang berasal dari Inggris, Kanada, Singapura dan Amerika banyak mencari tenaga kerja Indonesia yang mempunya keahlian seperti Software Engineer, Virtual Assistant, Tutor, Graphic Designer dan Software Developer.

Sedangkan perusahaan Indonesia merekrut tenaga kerja dari India, Vietnam, Ukraina dan Malaysia untuk melakukan pekerjaan sebagai Software Engineer, Engineering Manager, Software Developer, Data Engineer dan QA Engineer.

Pada Januari 2023, Deel mengumumkan bahwa mereka telah mencapai EBITDA positif, dengan pendapatan tahunan yang berulang sebesar USD $295 juta. Deel memiliki valuasi sebesar USD $12 miliar, dengan investor termasuk Andreessen Horowitz, Coatue, dan Emerson Collective.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.