Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Upaya Damri Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Marketing.co.id – Berita Marketing | Memasuki ulang tahun ke 74, DAMRI tidak henti-hentinya melakukan pembenahan diri lewat manajemen berbasis digital seiring dengan perkembangan industri transportasi modern 4.0.

Setelah mengembangkan berbagai aplikasi yang memudahkan pelanggan, kali ini DAMRI menerapkan DAMRI Fleet Management System (DFMS) yang akan semakin mengoptimalkan kinerja operasional dan proses control and monitoring.

DFMS mengacu pada teknologi untuk bertukar informasi antara armada kendaraan dengan platform pusat guna memastikan produktivitas kinerja armada. Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan. Data pemantauan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada.

DAMRI Tracking System atau sistem pelacakan menempatkan perangkat GPS (Global Positioning System/Sistem Pemosisi Global) pada setiap armada untuk mengetahui lokasi akurat. Selain pemasangan GPS, pemasangan CCTV pada setiap bus membantu memantau setiap aktivitas di dalam bus guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cek Kondisi Produk dan Aset dengan Asset Performance Management

Dengan pemasangan kedua alat tersebut, DAMRI memiliki DAMRI Central Control Room (DCCR) yang berada di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang untuk mengamati dan mengendalikan kondisi operasional. DCCR juga menginformasikan keadaan bus yang sekiranya perlu untuk melakukan perawatan maupun pergantian onderdil. Dalam kondisi tertentu yang tidak diinginkan (force majeure), hal ini mempermudah komunikasi antara tim operasional dan manajemen untuk respon cepat tanggap.

Selain DFMS, DAMRI juga mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMA) sebagai langkah yang cermat berbasis analisis atas situasi dan kondisi perusahaan, serta tingkat kesiapannya. Hal ini diterapkan dalam rangka melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance.

SIMA DAMRI sendiri terbagi dalam beberapa bagian, yaitu SIMA Teknik, SIMA SDM (Human Resources Information System), SIMA Operasi, SIMA Keuangan, SIMA Umum, dan divisi lainnya.

Pemanfaatan Teknologi Informasi mendukung tujuan dan sasaran organisasi, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaannya. Dengan adanya SIMA DAMRI, manajemen dapat menerapkan prinsip Good Corporate Governance, seperti transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran.

Dengan pemanfaatan dan penerapan SIMA DAMRI, manajemen mengedepankan integrasi dan transparansi guna mencegah segala bentuk kecurangan atau whistleblowing. Aktivitas di dalamnya antara lain termasuk penyusunan perhitungan data, penyortiran data, pengelompokkan data, dan penyederhanaan data.

Pembenahan perusahaan lewat manajemen berbasis digital DAMRI juga dimaksimalkan lewat pemanfaatan transaksi nontunai. Tiket elektronik telah dikembangkan melalui beragam saluran, yaitu DAMRI Apps (untuk pengguna Android) dan webiste untuk memudahkan pengguna mengecek jadwal bus hingga pembelian tiket. Ke depannya DAMRI Apps akan segera hadir untuk pengguna iOS. Selain itu, tiket DAMRI juga dapat dibeli melalui saluran agen perjalanan digital seperti Redbus dan Traveloka.

Dengan sistem perlindungan pembayaran 100% aman, DAMRI selalu memperhatikan keamanan transaksi dengan menggunakan RapidSSL untuk mengamankan jaringan dan melindungi akses pelanggan dari pihak yang tidak berkepentingan yang dapat dilakukan melalui beragam pilihan metode pembayaran, seperti Pembayaran kartu debit atau kartu kredit, Link Aja, Gopay, OVO, DANA, Virtual Account maupun transfer bank.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top