Marketing.co.id – Berita Marketing | Memperingati 30 tahun kiprah di Indonesia, Sun Life memperkenalkan kembali program Hoops + Health, hasil kolaborasi dengan Beyond Sport.
Inisiatif ini dimulai dengan penyaluran peralatan basket ke 30 sekolah di berbagai daerah sebagai bagian dari upaya meningkatkan aktivitas fisik anak-anak.
“Melalui program ini, kami ingin memastikan anak-anak Indonesia mendapat ruang dan fasilitas untuk berkembang secara sehat,” kata Kah Jing Lee, Chief Client Officer Sun Life Indonesia. Ia menambahkan, investasi kesehatan anak sejak dini menjadi langkah penting menciptakan masa depan yang lebih baik.
Fakta yang disampaikan Active Healthy Kids Global Alliance 2022 menunjukkan bahwa hanya kurang dari 20% anak-anak usia 6–17 tahun di Asia, termasuk Indonesia, yang cukup aktif secara fisik. Negara ini bahkan mendapatkan nilai “F” dalam hal aktivitas fisik anak, mencerminkan urgensi perbaikan akses terhadap olahraga.
Pakar kesehatan telah lama mengaitkan rendahnya aktivitas fisik dengan peningkatan risiko penyakit kronis. Data Kementerian Kesehatan RI juga mencatat lonjakan prevalensi obesitas dewasa dari 21,8% pada 2018 menjadi 28,7% di 2023.
Untuk menjawab tantangan tersebut, program Hoops + Health tidak hanya menyumbang peralatan olahraga seperti bola dan ring basket, tetapi juga menyelenggarakan pelatihan bagi pelatih komunitas melalui program Training of Trainers (ToT).
Program ini merupakan bagian dari inisiatif regional di enam negara Asia dan menargetkan menjangkau lebih dari 45.000 anak hingga akhir 2025. Sun Life mengalokasikan dana CAD 2,5 juta untuk mendukung program ini.
“Kami percaya komunitas yang sehat dimulai dari generasi mudanya. Karena itu, mendukung akses olahraga adalah langkah penting,” tutup Kah Jing.