CIMB Niaga Meningkatkan Pengalaman Nasabah di Medan Melalui Inovasi Digital dan Keterlibatan Sosial

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Sebagai respon terhadap kebutuhan perbankan yang terus berkembang di Indonesia, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengupayakan peningkatan pengalaman nasabah, terutama di kota-kota besar seperti Medan. Upaya ini dilakukan dengan mengedepankan budaya pelayanan yang berfokus pada nasabah (customer centricity) serta meningkatkan keandalan produk dan layanan demi memberikan solusi yang tepat, aman, dan nyaman bagi para nasabah.

CIMB Niaga
Direktur CIMB Niaga Henky Sulistyo (tengah) berbincang bersama Head of Region Sumatera CIMB Niaga Maya Sartika (kiri), dan Chief Sales & Acquisition CNAF Angga (kanan) di sela-sela Buka Puasa dan Silaturahmi Media bersama CIMB Niaga di Medan, Rabu (20/3/2023). Pada 2023, CIMB Niaga memperoleh laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,4 triliun, naik 27,0% yoy. Kinerja menggembirakan ini mencerminkan konsistensi CIMB Niaga dalam menjaga ketahanan, agility, dan pendekatan yang berorientasi pada nasabah. Ke depan, CIMB Niaga akan terus meningkatkan customer experience dengan menghadirkan solusi keuangan terbaik dan relevan guna menjawab beragam kebutuhan nasabah yang terus berkembang, termasuk di Medan.

Direktur CIMB Niaga, Henky Sulistyo, menyatakan bahwa Medan memiliki basis nasabah yang signifikan dan terus berkembang. Untuk memastikan kenyamanan bertransaksi bagi nasabah di Medan, CIMB Niaga telah menyediakan 16 kantor cabang (termasuk Digital Lounge) dan 124 mesin ATM/CRM. Selain itu, perusahaan ini juga menghadirkan beragam inovasi layanan berbasis digital, seperti aplikasi digital banking OCTO Mobile, internet banking OCTO Clicks, dan aplikasi OCTO Merchant. Sebelumnya, CIMB Niaga telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Medan untuk menyediakan layanan OCTO Merchant guna mendukung pembayaran digital, terutama QRIS, di merchant UKM mitra CIMB Niaga dan binaan Pemko Medan.

“Kami memahami bahwa perkembangan layanan keuangan saat ini sangat dinamis dan cepat. Oleh karena itu, kami terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman nasabah, salah satunya melalui penyediaan produk dan layanan yang relevan dengan kebutuhan perbankan nasabah, termasuk di Medan. Kami juga konsisten mengembangkan produk dan layanan berbasis digital untuk melengkapi layanan dari kantor cabang, seperti memperbarui fitur OCTO Mobile, antarmuka pengguna yang menarik, dan pengalaman pengguna yang mudah digunakan,” ungkap Henky dalam acara Buka Puasa dan Silaturahmi Media di Medan, Rabu (20/3/2024).

Selain itu, bagi nasabah korporasi, CIMB Niaga menyediakan platform BizChannel@CIMB dan BizChannel@CIMB Mobile untuk transaksi finansial nasabah korporasi dari skala kecil hingga besar. Anak perusahaannya, PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance), juga mengembangkan aplikasi digital, CNAF Mobile, yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponsel secara cepat dan efisien.

Pada tahun 2023, CIMB Niaga berhasil mencatat kinerja tertinggi dengan laba sebelum pajak konsolidasi sebesar Rp8,4 triliun, meningkat 27,0% dibandingkan tahun sebelumnya, serta menghasilkan earnings per share Rp259,45. Henky menegaskan bahwa pencapaian ini mencerminkan konsistensi perusahaan dalam menjaga ketahanan, fleksibilitas, dan pendekatan yang berorientasi pada nasabah.

CIMB Niaga juga terus menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,0% dan 89,3%. Total aset konsolidasian perusahaan mencapai Rp334,4 triliun, meningkat 9,0% year-on-year (Y-o-Y) per 31 Desember 2023, memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Dalam hal lingkungan dan sosial, CIMB Niaga juga berperan aktif. Terbaru, perusahaan ini berkolaborasi dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) untuk mengatasi masalah gizi buruk dan mencegah stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Melalui program ini, CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada masyarakat dan nasabah yang ingin berkontribusi dengan berdonasi melalui Rekening CIMB Niaga Peduli.

Di bulan Ramadan ini, CIMB Niaga turut berbagi sembako dengan masyarakat Medan, khususnya anak yatim dan penyandang disabilitas (tunanetra) yang tergabung dalam Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar Peduli.

Dengan terus berinovasi, memberikan layanan yang berkualitas, dan berperan aktif dalam pembangunan sosial, CIMB Niaga membuktikan komitmennya dalam meningkatkan pengalaman nasabah serta kontribusi positifnya bagi masyarakat dan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.