KMarketing.co.id – Berita Retail | Setelah sukses di Surabaya, Kawan Lama Solution Expo 2025 kini digelar di Cikarang, kawasan yang dikenal sebagai pusat manufaktur nasional. Pameran yang berlangsung pada 19–23 Agustus ini ditargetkan menghadirkan 1.500 pengunjung dari berbagai sektor industri.
Di Surabaya, expo berhasil menghadirkan lebih dari seribu pelanggan dan menciptakan business matching yang signifikan. Untuk Cikarang, target pengunjung ditetapkan mencapai 1.500 orang selama lima hari penyelenggaraan.
Menurut Ferry Ardiwinata, Sales Director Kawan Lama Solution, Cikarang dipilih karena karakter industrinya lebih kompleks dibanding Surabaya. “Di Indonesia ada dua sentra industri besar, yaitu Jabodetabek dan Surabaya. Kami memulai di Surabaya untuk uji coba, setelah berhasil baru kami bawa ke Cikarang. Parameter keberhasilannya terlihat dari jumlah peserta, customer utama yang hadir, hingga peluang bisnis yang terbuka,” jelasnya.
“Jika di Surabaya lebih banyak industri shipyard dan sheet metal, di Cikarang dominan otomotif dan food & beverage. Itu sebabnya peluang bisnis matching di sini akan jauh lebih beragam,” lanjut Ferry usai ditemui oleh Redaksi marketing.co.id.
Selama lima hari, expo menghadirkan inovasi otomasi dan Industry 4.0 seperti robot welding, robot warehouse, hingga mesin laser cutting. Selain itu, rangkaian seminar tematik disiapkan untuk membahas logistik, measuring, dan welding. Pada Jumat (22/8/2025) nanti akan digelar customer gathering, sebagai forum bertukar gagasan dan membangun jejaring.

Penyelenggaraan expo juga menjadi langkah strategis untuk memperluas ekosistem industri nasional. Rencana ke depan, Kawan Lama Solution akan menjajaki Medan serta kawasan timur Indonesia yang potensial di sektor tambang dan sumber daya alam.