CCE Innovation Day: Bergerak, Berdampak, Bersama Melalui Gotong Royong

Marketing.co.id – Berita Berita DigitalĀ | Mengacu pada data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), indonesia memiliki target pengurangan sampah sebesar 30% dan pengelolaan sampah dengan baik sebesar 70% pada tahun 2025. Agar tercapai, maka semua pihak perlu bergotong royong dan mengambil peran aktif membantu.

sampah, ekonomi sirkular, 2025
GoTo Impact Foundation sebagai bagian dari Gojek, menggelar CCE Innovation Day di Jakarta (6/7). Acara ini merupakan sebuah ajang untuk mengumpulkan para pembuat dampak di sepanjang rantai pengelolaan sampah untuk berkolaborasi lintas sektor dalam penyelesaian masalah sampah di Indonesia. Foto: marketing.co.id/lialily.

Kolaborasi yang aktif dari semua pihak diharapkan dapat menyelesaikan masalah sampah. Sebagai bentuk dukungan, GoTo Impact Foundation (GIF), organisasi penggerak dampak yang didirikan GoTo, menggelar puncak acara Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE) Innovation Day yang berlangsung di Tokopedia Tower, Jakarta, pada Kamis (6/7/2023).

CCE Innovation Day bertujuan untuk membangun kolaborasi multi sektor dari para pembuat dampak sepanjang rantai pengelolaan sampah untuk saling belajar dan berpartisipasi aktif dalam penyelesaian sampah yang saat ini semakin mendesak.

goto, monica oudang
Monica Oudang, Chairperson GoTo Impact Foundation saat memberikan penjelasan mengenai kegiatan Catalyst Changemaker Ecosystem (CCE) yang telah berjalan pada tahun kedua. Foto: marketing.co.id/lialily.

“Sebagai organisasi yang menggabungkan jiwa filantropi dengan semangat berinovasi, GIF mengedepankan kekuatan “gotong royong” untuk melahirkan inovasi yang berkelanjutan. Dimulai dari tahun 2021, hingga saat ini, CCE telah berhasil memberikan bantuan dana kepada changemakers yang berhasil membawakan ide inovatif untuk menyelesaikan masalah sampah di sekitar lingkungannya. Hal ini merupakan perwujudan kami dalam mengatasi iklim di Indonesia dengan lebih cepat, berkelanjutan, dan dalam skala lebih besar,” ungkap Monica Oudang, Chairperson GoTo Impact Foundation.

Pada tahun 2021, GIF memulai CCE dengan mengumpulkan 33 changemakers yang terdiri dari startup dan organisasi masyarakat sipil ke dalam Catalyst Changemakers Lab (CCL) untuk pengembangan kapasitas dan kolaborasi multi sektor. Sebagai proyek percontohan menyasar permasalahan sampah di perairan di Bandar Lampung, bencana hidrometeorologi di Semarang, dan akses air bersih di Makassar.

Memasuki gelombang kedua di 2023, CCE mengumpulkan 50 changemakers untuk melakukan upaya intervensi dengan prinsipĀ  ekonomi sirkular yang menyasar pada pengelolaan sampah di kawasan strategis destinasi wisata, yakni Bali, Labuan Bajo, dan Danau Toba.

Pada tanggal 4 dan 6 Juli 2023, CCE Innovation Day diselenggarakan sebagai penanda berakhirnya Catalyst Changemakers Lab (CCL) dan persiapan untuk pelaksanaan proyek percontohan.

CCE Innovation Day terdiri dari beberapa kegiatan mulai dari keynote, fireside chat, power networking, speed dating, exhibition, dan pitching session yang melibatkan para pembuat dampak, mulai dari pemerintah, bisnis, filantropis, inovator, akademisi, dan komunitas.

“Kami berharap apa yang dilakukan ini dapat mendorong revolusi pengelolaan sampah Indonesia dengan standar global sehingga kita bisa lanjutkan dengan Bergerak, Berdampak, Bersama untuk menjadikan CCE sebagai ekosistem untuk bergotong royong.” tutup Monica.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.