Berikut lima topik favorit yang bisa dijadikan referensi untuk menambah pengetahuan, keterampilan hingga hiburan, maupun inspirasi bagi para konten kreator.
Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Tidak terasa, Ramadan, bulan penuh ampunan dan keberkahan bagi umat Islam seluruh dunia sudah berjalan selama sepekan. Selain mempertebal iman melalui serangkaian ibadah, Ramadan juga menjadi bulan yang baik untuk menambah wawasan maupun keterampilan/skill di berbagai bidang. Apalagi saat ini akses ke berbagai sumber informasi bisa diperoleh dengan mudah melalui internet.
Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet dalam negeri mencapai 215,63 juta orang (periode 2022-2023) atau setara dengan 78,19% dari total populasi Indonesia sebanyak 275,77 juta jiwa. Dengan tingginya pengguna internet di Indonesia, tak heran banyak platform digital yang berlomba menyajikan beraneka informasi dan pembelajaran terutama yang berkaitan dengan Ramadan.
Berdasarkan survei Google pada Ramadan 2022, konten religius yang menempati urutan paling atas diikuti konten inspiratif, komedi serta drama. Berikut lima topik favorit yang bisa dijadikan referensi untuk menambah pengetahuan, keterampilan hingga hiburan, maupun inspirasi bagi para konten kreator.
- Religius
Topik yang bersifat keagamaan (religius) terutama Islami menjadi yang paling banyak ditonton oleh pengguna internet Indonesia. Menempati urutan pertama dengan persentase sebanyak 71%.
- Inspiratif
Konten inspiratif menempati urutan kedua, dimana sebanyak 63% pengguna internet menyaksikan topik ini selama Ramadan tahun lalu. Konten inspiratif biasanya berisi kisah kisah sukses dan motivasi dari tokoh-tokoh tertentu, seperti selebritas.
- Komedi
Komedi masih menjadi favorit orang Indonesia dalam menghabiskan waktu di bulan Ramadan melalui platform digital seperti Youtube. Ditonton oleh sebanyak 62% pengguna internet, saat ini konten komedi jumlahnya sangat banyak mulai dari komedi tunggal, situasi komedi (sitkom) hingga talkshow jenaka.
- Drama/sinetron
Konten drama menempati urutan ke-empat dengan ditonton oleh 59% pengguna internet di tanah air. Selain platform streaming berbayar, situs video berbagi seperti youtube pun menjadi media bagi kreator dalam memajang karya mereka, terutama yang memiliki format film pendek atau serial.
- Edukasi
Konten edukasi menjadi yang banyak ditonton selanjutnya dengan persentase penonton mencapai 56%.
Sebagai platform edtech, Cakap turut memeriahkan bulan penuh kebaikan dengan menghadirkan konten bernafaskan Islam yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan melalui rangkaian Cakap Raya Fest.
Konten yang disajikan seperti talkshow “Ramadan di Negeri Orang” yang menghadirkan kisah berpuasa Warga Negara Indonesia yang tengah menempuh studi maupun bekerja di luar negeri. Mereka akan berbagi pengalaman puasa hingga life hack terutama dari segi adaptasi budaya, salah satunya belajar bahasa negara setempat.
Selain talkshow “Ramadan di Negeri Orang”, Cakap Raya Fest juga menghadirkan konten tips seperti mengelola keuangan THR, manajemen keuangan saat mudik, hingga informasi mengenai pengayaan kosakata bahasa asing saat berlibur.
Tidak hanya bersifat menambah pengetahuan, tapi juga ada kuis yang memiliki beragam hadiah. Mulai dari promo selama acara, juga in-app promo. Ada juga, paket data atau pulsa, serta travel voucher untuk beberapa orang yang beruntung.