Buktikan! 5 Strategi Mengakuisisi Pelanggan Terbaik di Kanal Digital

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

strategic partnership air minum dalam kemasanDalam artikel ini Anda akan menemukan 5 strategi mengakuisisi pelanggan terbaik di kanal digital

Marketing.co.id – Berita UMKM | Keberadaan perusahaan di kanal digital saat ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis. Berdasarkan hasil Survei Pengguna Internet Indonesia 2024, yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2024, mencapai 221,56 juta orang. Angka tersebut setara dengan 79,5% dari total populasi Indonesia pada 2023, yaitu sekitar 278,7 juta jiwa.

Ini menunjukkan bahwa potensi pasar di kanal digital sangat besar dan perusahaan harus memanfaatkannya dengan baik untuk mendapatkan pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Ada banyak sekali caranya, misalnya dengan membangun website yang menarik dan mudah digunakan, memperluas jangkauan melalui media sosial dan platform eCommerce, serta mengoptimalkan strategi digital marketing.

Memanfaatkan kanal digital untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis bukan perkara mudah. McKinsey & Company dalam surveinya mengenai penggunaan teknologi digital dalam meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis pada 2021, mengungkapkan bahwa hanya 15% perusahaan yang menganggap dirinya efektif dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis. Hal ini menunjukkan masih banyak perusahaan yang belum memahami cara yang tepat untuk memanfaatkan kanal digital.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan akuisisi pelanggan di kanal digital untuk meningkatkan penjualan serta pertumbuhan bisnis?

Dalam mengakuisisi pelanggan di era digital, pemahaman tentang konsep marketing seperti segmentasi konsumen dan personalisasi sangatlah penting. Segmentasi dapat membantu perusahaan mengarahkan strategi marketing yang terfokus. Sementara, personalisasi dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus memahami preferensi pelanggan dan menerapkan teknik marketing yang relevan.

Dengan pemahaman yang mendalam dan pendekatan yang terpusat pada pelanggan, perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, menciptakan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, dan mencapai hasil marketing yang optimal.

Dengan asumsi bahwa perusahaan sudah memiliki dan memahami konsep marketing yang kuat, berikut 5 strategi mengakuisisi pelanggan terbaik di kanal digital

Segmentasi Pelanggan

Segementasi pelanggan yang mendalam melibatkan analisisi data yang cermat untuk memahami karakteristik, preferensi, dan perilaku pelanggan. Dengan mengindentifikasi segmen pelanggan yang berbeda berdasarkan variabel demografis, geografis, psikografis, dan perilaku pembelian, perusahaan dapat mengarahkan strategi marketing yang sesuai dengan setiap segmen. Aksi ini mencakup penyesuaian produk, positioning, dan komunikasi yang relevan.

Baca Juga: Tujuan, Keuntungan, dan Cara Memulai Segmentasi 

Agar bisa memahami segmen pelanggan secara mendalam, perusahaan perlu mengumpulkan data yang relevan dan menerapkan analisisi klaster serta teknik analisis seperti regresi dan faktor. Segemnetasi yang mendalam memungkinan personalisasi pesan dan penawaran produk yang elebih efektif, meningkatkan keterlibatan pelanggan dan meningkatkan efisiensi pemasaran.

Personalisasi

Personalisasi yang efektif melibatkan penggunaan data pelanggan untuk menyampaikan pesan, penawaran, dan rekomendasai produk yang disesuaikan dengan preferensi serta perilaku individu. Dengan memanfaatkan data seperti riwayat pembelian, perilaku pencarian, dan preferensi pengguna, perusahaan data menggunakan teknik seperti algoritma rekomendasi dan analisis prediktif untuk menyajikan konten yang relevan dan menarik bagi setiap pelanggan.

Baca Juga: Seni Memberikan Layanan Pelanggan untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Agar bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, perusahaan dapat menyediakan pengalaman yang personal melalui pelacakan interaksi pelanggan, personalisasi pesan melalui saluran komunikasi yang relevan, dan menyediakan penawaran khusus berdasarakan preferensi setiap individu. Personalisasi yang tepat memungkinkan perusahaan menciptakan ikatan yang kuat dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan meningkatkan retensi pelanggan.

Optimalisasi SEO dan Konten 

Dalam meningkatkan akuisisi pelanggan di kanal digital, optimalisasi SEO dan konten berkualitas merupakan strategi yang sangat penting. Mengoptimalkan website dengan kata kunci yang relevan dan struktur yang ramah mesin pencari membantu meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian.

Dalam menciptakan konten, penting untuk membangun konten yang menarik, informatif, dan bermanfaat yang dapat menarik perhatian dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan potensial. Hal ini meliputi penggunaan kata kunci dalam konten, penerapan strategi pemilihan kata kunci, serta penggunaan tag dan meta deskripsi yang relevan.

Baca Juga: 5 Trik Agar Website Mendapat Peringkat Tinggi di Mesin Pencari

Dengan menciptakan konten yang berkualitas, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas website mereka, menarik trafik organik, dan membangun otoritas merek di kanal digital. Dalam upaya optimalisasi SEO, perusahaan dapat memanfaatkan analisisi data dan alat pengukuran untuk memantau kinerja kata kunci, mengindentifikasi peluang baru, dan mengoptimalkan strategi marketing berdasarkan insight yang diperoleh.

Media sosial

Strategi media sosial yang terarah merupakan kunci dalam meningkatkan akuisisi pelanggan di kanal digital. Oleh karena itu, perusahaan perlu memilih media sosial yang tepat sesuai dengan segmen konsumen yang dituju. Setelah itu, perusahaan wajib membangun kehadiran online yang kuat melalui interaksi aktif dengan pengguna, menyediakan konten yang menarik, informatif, dan relevan, serta memanfaatkan iklan berbayar untuk meningkatkan sorotan jenama dan mengarahkan lalu lintas ke website atau toko online.

Dalam melaksanakan strategi media sosial yang terarah, perusahaan harus melakukan riset mendalam tentang preferensi dan kebiasaan pengguna di masing-masing media sosial. Perusahaan juga harus menggunakan analiitik media sosial untuk memantau kinerja kampanye, mengukur keterlibatan, dan mengevaluasi hasil. Dengan memahami perilaku pengguna media sosial, perusahaan dapat mengoptimalkan konten, jadwal posting, dan targeting iklan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Pemasaran Berbasis Data

Pemasaran berbasis data melibatkan pengumpulan dan analisis data pelanggan untuk menginformasikan strategi marketing yang terukur. Dengan memanfaatkan wawasan yang diperoleh dari data, perusahaan dapat mengoptimalkan kampanye marketing dengan lebih efektif. Perusahaan dapat mengirim pesan yang relevan, menyesuaikan produk, dan meningkatkan konversi pelanggan.

Baca Juga: Strategi Marketing di Era Bisnis Berbasis Data

Analisis data juga membantu mengidentifikasi tren dan pola perilaku konsumen, memungkinkan perusahaan menyesuaikan strategi marketing dengan cepat. Dalam era digital yang kompetitif seperti sekarang ini, pemasaran berbasis data memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, memaksimalkan hasil pemasaran dan membantu pengambilan keputusan berdasarkan data. Dengan pendekatan yang mendalam terhadap pemasaran berbasis data, perusahaan dapat mencapai kesuksesan dalam mengakusisi pelanggan di kanal digital.

Artikel ini sudah tayang di Majalah MARKETING edisi Agustus 2023. Dalam edisi ini, dibahas secara mendalam tentang bagaimana cara mengakuisisi pelanggan di channel digital dengan menghadirkan narasumber dari perusahaan-perusahaan besar seperti Astra, Ancol, Sharp, dan banyak lagi. Klik di sini untuk mendapatkan Majalah Marketing edisi ini atau membelinya di Tokopedia

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here