Marketing.co.id – Berita Marketing | PT BUKALAPAK.COM Tbk (“Bukalapak“) terpilih menjadi salah satu konstituen dalam Indeks ESG Sector Leaders IDX Kehati untuk periode perdagangan Juni – November 2024. Indeks ini diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia dan dikelola bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (“Kehati”) untuk menampilkan saham perusahaan dengan hasil penilaian kinerja lingkungan, sosial dan tata kelola (“ESG”) di atas rata-rata industrinya serta memiliki likuiditas yang baik.
Penilaian dilakukan berdasarkan program yang dibuat oleh para konstituen sepanjang tahun 2023 hingga Maret 2024. Pengumuman atas pencapaian ini telah disampaikan oleh Bursa Efek Indonesia pada tanggal 27 Mei 2024.
Terpilihnya Bukalapak untuk yang pertama kali merupakan suatu pencapaian dan validasi atas komitmen Bukalapak dalam melakukan upaya pengelolaan bisnis yang memperhatikan aspek lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi tim, karyawan dan para pemangku kepentingan Bukalapak.
Baca juga: J&T Express Laporkan Program ESG Perdananya, Apa saja yang Sudah Diimplementasikan?
“Ke depannya, kami akan terus mempertahankan pencapaian ini dengan memaksimalkan praktik ESG melalui berbagai inovasi serta program-program yang dapat kami jalankan. Kami percaya bahwa kinerja ESG yang baik dapat menciptakan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan serta dapat mengantarkan Bukalapak menjadi perusahaan yang berkelanjutan”, ujar Cut Fika Lutfi, Corporate Secretary Bukalapak.
Saat ini, Bukalapak aktif menjalankan inisiatif-inisiatif yang mewakili komitmen perusahaan terhadap pemenuhan 3 pilar ESG. Melalui pilar environmental, Bukalapak fokus dalam menanggulangi isu-isu lingkungan, salah satu nya dengan gerakan ‘Aksi Kebaikan Bersama Bukalapak’. Melalui gerakan ini, Bukalapak telah menjalankan beberapa aktivitas seperti penanaman bibit pohon, terumbu karang, dan lain-lain.
Baca juga: Pupuk Kaltim dan Komitmennya dalam Konservasi Terumbu Karang
Melalui pilar social, Bukalapak memiliki misi khusus untuk terus membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (“UMKM”) dalam meningkatkan kualitas hidup mereka, salah satunya dengan digitalisasi warung. Berkat peran aktif Bukalapak dalam mendorong pertumbuhan UMKM, saat ini para Mitra Bukalapak telah mengalami kenaikan pendapatan rata-rata sebanyak 3 kali berdasarkan data internal Bukalapak.
Dalam pilar governance, saat ini Bukalapak sudah tersertifikasi ISO 37001 – Sistem Manajemen Anti Penyuapan, karena telah memenuhi persyaratan penting seperti kepatuhan hukum, peningkatan reputasi dan kredibilitas, pengelolaan risiko, efisiensi operasional, peningkatan nilai perusahaan, dan persaingan yang adil.