Bisnis Rental Mobil Auto Cuan Jelang Mudik Lebaran 2022?

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini serta anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing dan work from home telah membuat omzet bisnis rental mobil menurun.

Namun, kebijakan pemerintah yang melonggarkan atau membolehkan masyarakat untuk mudik lebaran tahun 2022, membuat bisnis rental mobil kembali menggeliat naik. Setiadi Aloysius Riadi, B2B2C Supply Manager Trevo mengatakan, akibat dari pelonggaran tersebut terjadi lonjakan pemesanan yang cukup signifikan. Contohnya, dibandingkan tahun lalu, booking yang dilakukan antara 29 April- 8 Mei 2021, sudah naik 2 kali lipat dibandingkan periode Lebaran tahun 2020.

“Pemesanan di tahun 2020 itu sangat minim sekali, namun sedikit mulai meningkat di tahun 2022. Tahun ini ketika pemerintah membuat kebijakan untuk membolehkan mudik pemesanan meningkat signifikan,” ujarnya.

Kebijakan pemerintah untuk melonggarkan PPKM dan membolehkan masyarakat mudik membuat tren sewa mobil kembali meningkat. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pengusaha rental mobil yang kini mulai melakukan ekspansi bisnis kembali seperti melakukan pembelian mobil baru atau peremajaan unit baru.

Dari sisi platform, Trevo sendiri melakukan beberapa ekspansi di saat terjadi pelonggaran. Misalnya di tahun 2020, Trevo baru beroperasi di 6 kota, saat ini sudah beropareasi di 26 kota. Host atau pemilik mobil di Trevo meningkat hampir 2 kali lipat dari 2021 hingga 2022. Dari sisi lainnya Trevo terus memperbaiki diri agar para pengguna mendapatkan user experience terbaik.

“Bisnis rental mobil ke depannya akan semakin grow jadi kita mulai prepare dari sekarang. Kita punya proyeksi yang cukup bagus sampai akhir tahun ini,” katanya.

Ia mengaku Trevo sangat siap melayani masyarakat yang akan mudik lebaran 2022. Trevo sudah mempersiapkan diri sejak bulan Februari dengan meluncurkan promo early bird untuk periode Maret. Promo tersebut diberikan untuk konsumen yang akan melakukan pemesanan di periode lebaran.

Selain itu, Trevo juga mempersiapkan diri dari sisi supply dimana Trevo memberikan insentif kepada mitra yang mau menyalakan ketersediaannya di periode lebaran sehingga Trevo bisa memenuhi demand yang ada. “Host akan mendapatkan insentif ketika mengaktifkan ketersediaan, dan akan mendapatkan bonus ketika mendapatkan pesanan. Pokoknya berlipat-lipat bonusnya,” katanya.

Di aplikasi Trevo, tujuan mudik dari para penyewa banyak yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ia memprediksi menjelang mudik lebaran 2022 bisnis sewa mobil akan meningkat 3 kali lipat. Untuk mengantisipasi permintaan yang tinggi tersebut, Trevo saat ini gencar mengakuisisi mitra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here