Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

BETADINE Buktikan Efektivitas PVP-I Terhadap Virus SARS CoV-2 Penyebab COVID-19

Marketing.co.id – Studi In Vitro Laboratorium dengan standar BSL-3 di Singapura menunjukkan BETADINE® dengan konsentrasi PVP-I 10%, 7.5%, 1%, dan 0.45% mampu membunuh 99,99% virus SARS CoV-2 dalam waktu 30 detik. Sedangkan Studi In Vitro Tropical Infectious Diseases Research and Education Center (TIDREC) at the University of Malaya, Malaysia menunjukkan BETADINE® Mouthwash and Gargle dengan konsentrasi PVP-I 1% terbukti dapat membunuh 99,999% virus SARS CoV-2 hanya dalam waktu 15 detik.

Betadine PVP-I

BETADINE®Povidone-Iodine (PVP-I) terbukti efektif membunuh 99,99% virus SARS CoV-2 penyebab COVID-19 dalam kurun waktu 15-30 detik. Gunakan untuk ber-gargle!

Demikian yang disampaikan Mundipharma Indonesia mengenai update terkini terkait efektivitas PVP-I terhadap virus SARS CoV-2 penyebab COVID-19. Hasil penelitian tersebut bahkan telah diakui oleh British Dental Journal (BDJ) dan telah diterbitkan sebagai jurnal oleh Springer Nature atas nama British Dental Association pada 26 Juni lalu. Dengan adanya temuan terbaru ini, diharapkan dapat membantu memberikan perlindungan ekstra kepada masyarakat dalam konteks pencegahan, khususnya tenaga kesehatan yang berisiko tinggi terpapar infeksi silang COVID-19.

SATGAS COVID-19 PB PDGI dan Guru Besar Ilmu Penyakit Mulut, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, Prof. Drg. Rahmi Amtha, MDS. Sp.PM, PhD mengatakan, “Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan penggunaan antiseptik sebagai bagian dari personal hygiene (kebersihan diri) untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit/infeksi, termasuk COVID-19. Selama masa pandemi COVID-19, penggunaan APD (alat pelindung diri) dan praktik hand hygiene oleh nakes tidaklah cukup, melainkan harus dilengkapi dengan praktik oral and respiratory hygiene, seperti berkumur sampai dengan tenggorokan atau yang dikenal dengan ber-gargle

Maka sesuai dengan jurnal kesehatan, direkomendasikan bagi nakes untuk berkumur dan ber-gargle dengan PVP-I 0,5% – 1% dalam rongga mulut hingga tenggorok selama 30 detik, setiap 4 jam sekali hingga 4 kali sehari. Terutama bagi nakes yang terlibat langsung dalam penanganan pasien terduga/terkonfirmasi positif COVID-19; menangani prosedur berisiko tinggi pada pasien tidak bergejala; berada di daerah berisiko tinggi COVID-19; mengalami keterbatasan APD; serta sebelum dan setelah kontak dengan pasien.

Medical Affairs Manager Mundipharma Indonesia, dr. Rini Cendika mengatakan, “Selain menjaga kebersihan mulut dan tenggorok dengan PVP-I, nakes juga perlu menjaga kebersihan rongga hidung yang merupakan salah satu jalan masuk dan reservoir dari SARS-CoV 2. Adapun Iota-Carrageenan dapat secara efektif membantu menurunkan viral load di rongga hidung, dengan pertimbangan cara kerja Iota-Carrageenan yang dapat melapisi dinding mukosa hidung dan mencegah virus untuk menempel pada reseptor untuk bereplikasi. Hal ini menjadikan  penggunaan Nasal SprayIota-Carrageenan suatu alternatif perlindungan tambahan untuk rongga hidung selama pandemik ini.”

Penggunaan BETADINE® Mouthwash and Gargle dengan PVP-I 1% dan BETADINE® Nasal Spray dengan IotaCarageenan sesuai dengan protokol respiratory yang disarankan, sudah diterapkan dan dibuktikan efektivitasnya oleh Dokter Spesialis Paru RSUD Saiful Anwar Malang, Dr.dr.Susanthy Djajalaksana,Sp.P (K) FISR; Pakar Farmakologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Dr. dr. Rustamadji, M.Kes; dan Dokter Spesialis Paru RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin, dr. Yulia Kartina, Sp.P.

Mundipharma melalui program GERMAS, kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan selalu mendukung pemerintah dengan program edukasi dalam upaya pencegahan dan perlindungan infeksi dan wabah.BETADINE® selalu berusaha memberi peran dalam memberikan perlindungan, mulai dari pendaratan Apollo 11tahun 1969, wabah SARS-CoV, Ebola di Africa tahun 2010, wabah MERS di Timur Tengah dan Korea tahun 2015. Hingga saat ini, dengan adanya wabah SARS CoV-2,BETADINE® tetap berkontribusi melalui berbagai upaya, salah satunya dengan melakukan studi yang bekerjasama dengan berbagai institusi dan Key Opinion Leader terkemuka dunia.

Country Manager Mundipharma Indonesia, Ibu Mada Shinta Dewi mengatakan, “Mundipharma Indonesia mendukung penuh upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19 ini melalui program edukasi. Kami secara terus mengedukasi tenaga kesehatan dan masyarakat, dengan berfokus pada pencegahan, memutus rantai infeksi dan upaya menurunkan tingkat keparahan infeksi COVID-19, khususnya melalui personal sertaoral and respiratory hygiene. Diharapkan, kebiasaan ber-gargle atau kumur sampai tenggorokan dan penggunaan semprot hidung ini dapat dijadikan sebagai bagian dari New Normal,” papar dia.

Disisi produk, ketersediaan BETADINE® bagi tenaga kesehatan dan masyarakat untuk memastikan mereka memiliki perlindungan tambahan yang telah terbukti secara klinis dapat membunuh virus SARS CoV-2. Dari hasil penelitian PVP-I dan rekomendasi dari para ahli ini, masyarakat Indonesia dapat mulai melakukan kebiasaan baru dalam upaya mencegah dan memutus rantai infeksi COVID-19.

“Salah satunya dengan ber-gargle atau berkumur sampai dengan tenggorokan dengan PVP-I. Serta menjaga kebersihan saluran napas dengan Nasal SprayIota-Carageenan. Hal ini tidak hanya dapat dilakukan olehnakes ataupun pasien COVID-19, namun juga dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Mada.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top