Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Beli Asuransi Covid-19, Seberapa Mudah?

Marketing.co.id – Prinsip asuransi adalah menjual proteksi dari hal-hal yang tidak inginkan, termasuk proteksi dari penularan Covid-19 (virus corona). Beberapa perusahaan asuransi sudah melengkapi fitur proteksinya terhadap penularan Covid-19.

Kini membeli polis asuransi proteksi Covid-19 juga semakin mudah, karena masyarakat dapat membelinya secara online. Igloo, perusahaan insurtech Asia Tenggara – sebelumnya dikenal sebagai “Axinan” – meluncurkan fitur digital untuk asuransi perlindungan terhadap Covid-19 melalui mitra e-commerce Blibli dan Bhinneka.

Produk “Proteksi Covid-19” ini dikelola oleh Ciputra Life (anak perusahaan Ciputra Grup) sebagai bagian dari produk Asuransi Mikro Kesehatan Receh. Produk ini  akan memberikan akses bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan perlindungan tambahan atas Covid-19, dengan premi mulai dari Rp 24.000 (atau setara dengan 1,63 dolar AS) dan manfaat santunan biaya rawat inap mulai dari Rp 50.000 per hari (3,40 dolar AS) hingga 10 hari dengan masa pertanggungan 12 bulan.

Pradityo Anggoro Kusumo, Country Manager Igloo Indonesia, mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara dengan peringkat penetrasi asuransi terendah di dunia, dan pandemi Covid-19 semakin menambah kerentanan [masyarakat Indonesia] – terutama di saat momen perayaan Hari Raya Idul Fitri seperti ini, di mana intensitas interaksi meningkat.

“Kami berharap asuransi kesehatan Proteksi Covid-19 dapat menjadi perlindungan ekstra bagi masyarakat Indonesia dari Covid-19,” tutur Pradityo.

Meminimalisir hambatan dalam akses masyarakat untuk memiliki produk asuransi, Igloo fokus memberikan solusi pada dua hal utama: keterjangkauan dan pengalaman berbelanja konsumen.

Anggoro menambahkan, sebagian besar produk asuransi tidak bisa dijangkau oleh masyarakat pada umumnya. Karena itulah Igloo ingin memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengakses perlindungan.

“Kami bekerja sama dengan dua platform e-commerce terpopuler di Indonesia, yaitu Blibli dan Bhinneka. Kemitraan strategis ini dapat memberikan manfaat bagi semua orang; konsumen mendapatkan pengalaman berbelanja yang baik, sementara mitra kami dapat memperluas penawaran produk mereka,” jelas Pradityo.

Asuransi Proteksi Covid-19

Ilustrasi: seorang remaja pria sedang membantu temannya menggunakan masker

Vensia Tjhin, Chief of Commercial and Omnichannel Bhinneka mengatakan, dalam melawan pandemi dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi antar industri. “Maka ketika Igloo mengajak kami untuk menjadi mitra dalam inisiatif ini, kami langsung mengiyakan. Dengan bisnis super-ecosystem kami, produk proteksi tersebut kini tersedia untuk jutaan pelanggan,”tegas Vensia.

“Pandemi Covid-19 ini telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi Indonesia. Sehubungan dengan itu, Blibli berkomitmen untuk mendukung penuh semua pelanggan untuk tetap sehat dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Ini juga berkaitan erat dengan misi kami untuk selalu mengedepankan kepuasan pelanggan,” papar Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital Products & Automotive Category Blibli.

Berdasarkan data Dewan Asuransi Indonesia, tahun 2018 diperkirakan kurang dari 2% masyarakat Indonesia yang memiliki produk asuransi (hanya sekitar 1.7%), dan hingga 26 Mei 2020, terdapat lebih dari 23,165 kasus infeksi Covid-19 di Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top