Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Bagaimana Merancang Strategi PR di 2014?

Merancang Strategi PR di 2014Menjelang pergantian tahun, tiap divisi dalam dunia pekerjaan sibuk memikirkan gaya apa yang tepat untuk diaplikasikan di tahun depan. Tidak terkecuali Public Relation yang juga harus merancang strategi PR di tahun 2014 mendatang.

Tentu saja hal ini tidak mudah, karena dibutuhkan pengetahuan, kreativitas, kerja sama tim, dan sedikit unsur artistik. Namun juga bukan berarti menyiapkan strategi PR adalah hal yang sulit.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam menyusun strategi PR, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Lihat hasil tahun ini

Bagaimana Anda bisa menyiapkan strategi PR yang tepat di tahun depan jika Anda tidak melihat hasil yang sudah didapatkan di tahun sebelumnya. Seperti metode apa yang yang berhasil dan gagal. Hal-hal seperti ini bisa dianalisis dan digunakan untuk strategi berikutnya.

Anda juga bisa melihat pola komunikasi yang terjalin terhadap klien dari waktu ke waktu.

2. Lebih dekat dengan konsumen

Strategi PR terbaik adalah memahami hubungan target dengan dunianya. Ini berarti Anda harus mengetahui keinginan mereka, kesukaannya, kebutuhannya, harapannya, juga ketakutannya.

Dengan lebih dekat kepada konsumen, Anda akan bisa mengikuti pergerakan mereka, bahkan mungkin mempengaruhi pola konsumsinya.

3. Melihat tren

Pola konsumsi para konsumen itu dinamis. Terkadang mereka menyukai suatu hal yang tampak trendi, tapi begitu Anda mulai masuk, mereka sudah tidak di sana. Jangan terlalu lama dalam melihat suatu fenomena. Gunakan beberapa perkembangan teknologi untuk mencari tahu dan ikut menciptakan sebuah tren.

Bagi seorang PR, penting untuk memiliki sifat kreatif dan inovatif.

4. Kerja sama tim

Buang jauh-jauh pikiran tentang, Anda bisa menangani semuanya seorang diri  karena tidak ada yang bisa bekerja sendirian. Semua hal butuh tim. Begitu juga praktisi PR, Anda perlu kerja sama yang baik dengan klien.

PR adalah mitra dari klien, Anda perlu mengetahui segala hal tentang merek untuk kemudian mencari ide yang tepat. Lalu bagaimana Anda bisa mendapatkan data dengan lengkap tanpa bantuan klien Anda?

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, jangan menerapkan strategi yang sama setiap tahunnya. Itu hanya akan membuat klien dan khalayak jenuh. Tidak hanya itu, Anda juga terkesan seperti PR yang tidak kreatif.

 

Sumber: PR News Online | Foto: Aboutu

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top