Portal Lengkap Dunia Marketing

XX PR Hype

Bagaimana Awareness Bisa Mendatangkan Uang?

awareness mendatangkan uangMeraih awareness memang baik, tapi mendapatkan laba tentu lebih diharapkan oleh semua pelaku bisnis. Lantas, kenapa masih berpikir untuk mendapatkan awareness?

Praktisi PR dibayar untuk memaksimalkan pola komunikasi antara perusahaan dengan khalayak. Ramainya era digital lalu membuat para pekerja PR berinisiatif untuk menggunakan media sosial demi meraih awareness masyarakat. Bahkan, kini berbagai perusahaan sudah menyiapkan divisi khusus – social media strategist –  yang fokus menangani media sosial.

Menurut Jennifer Burnham, Director of Social and Content Strategy di Salesforce.com, awareness akan memberikan penghasilan sosial. Memang tidak dalam bentuk materi, namun penghasilan sosial akan berimbas pada jumlah penjualan.

4 Tips untuk meraih penghasilan sosial:

1.       Fokus pada Metrik

Media sosial tidak sekadar melemparkan konten, tapi juga mengukur pertumbuhan pelanggan, pangsa percakapan, traffic, inbound link, dan prospek konversi.

“Kita ingin melihat bagaimana media sosial memberikan kontribusi pada kesehatan bisnis, menyediakan sumber-sumber baru untuk traffic link, dan mendorong uang masuk,” ucap Burnham.

2.       Ukur dan Analisis Perubahan

Perhatikan apa saja yang dapat menimbulkan perubahan dalam percakapan. Jadi Anda bisa mengantisipasi kalau-kalau publik sudah mulai tidak menyukai produk Anda. Dengan menganalisis perubahan, Anda juga dapat mengetahui apa yang mereka harapkan.

Untuk itu, melakukan analisis secara rutin tentang berbagai suara khalayak yang terlontar di media sosial sangat disarankan. Misalnya, hal apa yang sering menjadi perbandingan publik antara produk Anda dengan kompetitor, apa value yang yang diwakili oleh produk Anda menurut mereka, juga berbagai hal lain yang sekiranya perlu Anda ketahui untuk kemajuan merek.

3.       Rencana Kegiatan Sosial

Berhasil atau tidaknya kampanye media sosial perusahaan Anda juga perlu diketahui. Jadi buatlah laporan mengenai hasil kualitatif dan kuantitatif secara bulanan.

4.       Disiplin dan Konsisten

Perusahaan harus mampu memberikan kedisiplinan serta konsistensi untuk mencapai target yang ingin dicapainya. Caranya dengan mengubah target jangka panjang menjadi target jangka pendek yang berkala.

Burnham mengatakan, “Bila tujuannya adalah untuk melipatgandakan pelanggan Salesforce.com dari tahun ke tahun, maka tujuan itu kami pecah menjadi meningkatkan jumlah pelanggan sebanyak 6% tiap bulannya. Ini lebih realistis.”

Awareness adalah soal menciptakan kesadaran publik akan keberadaan merek Anda. Contoh kasarnya, jika ada orang yang sadar dengan kehadiran Anda dan berbagai kelebihan yang Anda miliki, maka orang tersebut tidak akan segan untuk meminta bantuan bahkan merekomendasikan Anda. Nah, hal yang sama juga berlaku pada merek.

 

Sumber: PR News Online | Foto Ilustrasi: The Secret

8 Comments

8 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Terpopuler

    To Top