Aplikasi MAPS: Tingkatkan Efisiensi dan Daya Saing Perusahaan Jasa Keuangan dan Perbankan

Microsoft Biztalk dan SQL ServerPerkembangan teknologi informasi yang begitu pesat menuntut perusahaan untuk memanfaatkannya, tidak terkecuali perusahaan keuangan dan perbankan.

Perusahaan keuangan dan perbankan tertantang agar mampu mengolah dan menganalisa data dalam volume besar dan terus berkembang pesat secara eksponensial serta tidak terstruktur agar dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Tren yang dikenal sebagai Big Data ini menjadi penting bagi banyak perusahaan. Oleh karena itu setiap peningkatan kinerja dan perbaikan proses bisnis yang menghasilkan efisiensi dan peningkatan daya saing menjadi sangat penting.

PT Decillion Solutions misalnya, belum lama ini mengenalkan aplikasi MAPS (Modular Automated Processing System). Aplikasi ini dikembangkan menggunakan platform teknologi Microsoft Biztalk dan SQL Server yang memungkinkan dilakukannya Straight Through Processing (STP) terhadap format pesan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).

Itu merupakan standar komunikasi antar lembaga keuangan di seluruh dunia. Aplikasi ini juga secara otomatis mendukung semua format baru SWIFT sehingga menghemat biaya dan mengurangi waktu pengembangan secara signifikan.

Meisari Arvini Hidayati, Business Group Lead Application Platform, Microsoft Indonesia, mengatakan, “Mengolah data perilaku pelanggan menjadi nilai penting yang harus dianalisa dalam mewujudkan visi dunia perbankan secara real-time.

Meisari melanjutkan, “BizTalk juga memungkinkan MAPS diintegrasikan dengan aplikasi back office yang ada, sehingga mitra kami mampu menghadirkan solusi yang scalable, fleksibel, cost-effective serta dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan waktu implementasi yang singkat.”

“Selain itu, penggunaan SQL Server dalam aplikasi mission critical di industri keuangan dan perbankan merupakan pilihan yang tepat, karena SQL Server 2012 memberikan tingkat keamanan tertinggi dari seluruh platform database yang ada dengan ketersediaan uptime sebesar 99,9999%,” Meisari menambahkan.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Thaddeus Pang, Chief Operating Officer, Decillion Group, “Dengan arsitektur berorientasi layanan atau Service-Oriented Architecture (SOA) dan desain modular dari platform Biztalk, aplikasi MAPS dapat diimplementasikan dengan cepat dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan serta proses bisnis perusahaan. Aplikasi ini juga secara otomatis mendukung semua format baru SWIFT sehingga dapat menghemat biaya dan mengurangi waktu pengembangan secara signifikan.”

Decillion saat ini mengoperasikan Layanan SWIFT (SWIFT Service Bureau) yang menghubungkan lebih dari 130 lembaga keuangan ke dalam jaringan SWIFT.

“Saat ini solusi kami telah diimplementasikan di berbagai bank besar di Indonesia. Kami berharap kerja sama dengan lebih banyak lagi institusi keuangan dan perbankan akan membantu mereka mencapai target dan meningkatkan daya saing melalui solusi yang dapat mengurangi risiko dan meningkatkan efisiensi operasional mereka,” sambung Thaddeus Pang. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here