Analisa SWOT Merek Digital Anda

analisa swotDunia marketing terus berevolusi seiring perkembangan zaman. Namun, beberapa praktik marketing lama masih tetap relevan digunakan. Salah satunya adalah analisa SWOT. Kini, analisa SWOT dapat digunakan juga untuk merek digital Anda.

Apa itu analisa SWOT digital?

SWOT digital adalah analisa strategi dari bisnis untuk membantu Anda mengenali Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) dari merek online Anda.

Dengan melakukan proses ini, Anda akan mendapatkan ide-ide terbaik tentang bagaimana kuatnya kehadiran merek Anda secara online dan di mana Anda memiliki kesempatan untuk memperbaikinya.

Selain itu, proses ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi sumber daya yang belum dimanfaatkan, serta kesempatan untuk lebih mengoptimalkan konten guna meningkatkan hasil pencarian di mesin pencari.

Sedangkan threats atau ancaman akan membantu merek menyiapkan diri dari segala macam ancaman yang akan terjadi dari kompetisi dan internet seperti pembaruan algoritma Google.

Internet terus berkembang, begitu pula kompetisi. Namun pada intinya, pondasi merek digital yang kuat diawali dengan menerapkan navigasi yang mudah pada website, dan menjaga mutu konten situs yang dikelola. Dari situ Anda memerlukan lapisan media jejaring, ngeblog, pembuatan konten sosial dan kurator konten untuk dimanfaatkan sebagai saluran promosi merek online Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus, terarah, dan konten lebih efektif. Semua itu dilakukan untuk membangun hubungan dengan konsumen.

Dunia periklanan dan marketing terus mengalami perubahan. Menciptakan konten percakapan sangatlah penting. Tapi sebelum menciptakan sebuah konten yang hebat, Anda harus memiliki pondasi digital kuat yang saling berhubungan.

Digital marketing yang sukses membutuhkan check and balance. Jika Anda tidak memiliki titik awal yang baik, maka bagaimana Anda tahu upaya pemasaran Anda berhasil?

Sebelum strategi dan rencana terbentuk, sangat penting untuk meninjau portofolio online, profil sosial, website dan daftar (listing). Karena web dan jejaring sosial terus melakukan pembaruan terkait tools dan options yang tersedia, sangat penting bagi Anda untuk memastikannya secara berkala.

Mengapa meninjau daftar online dan profil Anda itu penting? Banyak merek yang mungkin nyemplung ke jejaring sosial dan mengisi profil mereka. Namun, kapan terakhir kali Anda review dan update profil tersebut?

Tidak berbeda halnya seperti di kehidupan nyata, kesan pertama merupakan hal yang penting di online. Cara terbaik yang harus dilakukan adalah menyadari apa yang dikatakan  pelanggan dan tamu tentang Anda.

Sumber: Steamfeed

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here