Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Air Terjun Hangat Blawan – Bondowoso

Sumber air hangat mungkin sudah biasa dalam pendengaran ataupun pengetahuan  Anda, tapi bagaimana dengan air terjun hangat?

‘Blawan Hot Waterfall’ merupakan pertemuan aliran sungai Kali Pahit dan air buangan atau rembesan dari kawah Ijen yang mengandung belerang, hal inilah yang menyebabkan air terjun Blawan berwarna kekuningan dan mengepulkan uap panas.

Untuk mencapai lokasi air terjun bisa menggunakan angkutan pedesaan dari kota kabupaten Bondowoso menuju dusun Blawan, desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, kira-kira sekitar 52 km selanjutnya bisa ngojek hingga ke loket masuk.

Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki yakni mengikuti anak tangga yang akan membimbing Anda menuju tujuan.

Selama perjalanan Anda dapat menikmati segarnya udara hutan, hijaunya tebing-tebing yang rimbun oleh sulur-sulur tanaman merambat, suara kicau burung dan pastinya suara dari air terjun.

Walau demikian sangat diharapkan untuk tetap berhati-hati karena anak tangganya sangat licin. Apalagi ketika sampai di satu ceruk dimana terdapat genangan yang airnya cukup panas, beton-beton yang menjadi anak tangga seluruhnya telah terbalut lumpur dan lumut.

Hingga akhirnya Anda sampai di air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 30 meter. Air-nya yang deras bergemuruh, mendominasi harmoni alam. Sedangkan kabut tipis yang tercipta dari uap panas memberikan kesan tersendiri.

Berbeda dengan umumnya air terjun yang sering dijumpai, dimana airnya mengalir di atas permukaan bumi dan membentuk sungai atau aliran baru.

Namun aliran air terjun Blawan akan langsung masuk ke dalam terowongan atau sungai bawah tanah dan akan muncul kembali di daerah desa Asembagus kabupaten Situbondo yang selanjutnya terus bermuara ke laut Jawa.

Apabila Anda berkeinginan untuk berendam air hangat, di kawasan ini telah disediakan kolam-kolam air hangat yang disewakan untuk pengunjung. Atau Anda bisa mencoba kolam renang alami yang konon dulunya adalah tempat pemandian Dhamar Wulan, salah satu tokoh fenomenal dalam kisah babat tanah jawa.

Bagi yang menyenangi petualangan alam, kunjungan Anda bisa dilanjutkan ke gua kapur yang hanya berjarak sekitar 75 m dari air terjun Blawan. Letaknya sedikit tersembunyi, di pinggir tebing tertutupi oleh rimbunnya tanaman hutan (Wedhya Wardani).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top