Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

AFI: Waralaba Sebagai Wujud Ekonomi Kerakyatan

Marketing – Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) kembali akan menggelar pameran dan konferensi waralaba, International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2019 pada 5 – 7 Juli 2019 di Jakarta Convention Center.

Industri waralaba tetap menjadi salah satu pilihan menarik bagi pelaku bisnis pemula untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha bagi para pelaku bisnis lama. Mengingat sekitar 70-80% rakyat Indonesia berusaha untuk bekerja sendiri atau self-employed, sehingga usaha waralaba merupakan wujud ekonomi kerakyatan.

“Waralaba merupakan wujud dari ekonomi kerakyatan yang dilakukan oleh orang banyak dan untuk orang banyak. Sistem waralaba memungkinkan seseorang ikut mengembangkan suatu merek sekaligus menggerakkan ekonomi melalui transaksi yang terjadi di dalam bisnis tersebut,” terang Ketua Kehormatan AFI, Anang Sukandar.

Penyelenggaraan IFRA tahun ini mengangkat tema “Connect Your Business to The Global Franchise Market”. Hal ini mencerminkan target industri waralaba nasional untuk mengembangkan bisnis ke pasar internasional.

Dalam beberapa tahun terakhir, AFI giat mendorong para pelaku bisnis waralaba untuk mengembangkan pasar hingga ke mancanegara. Untuk merealisasikan hal ini, AFI berharap pemerintah bisa terus memberikan bantuan dan dukungan agar industri waralaba nasional bisa terus bertahan dan bertumbuh.

IFRA 2019 akan diikuti sekitar 180 perusahaan dengan 365 brands dari berbagai industri seperti otomotif, makanan dan minuman, kesehatan, pendidikan dan pelatihan, fintech, hotel, farmasi, properti, laundry, dan lain-lain.

IFRA 2019 juga akan menghadirkan beberapa program pendukung seperti International Franchise ConferenceIFRA Franchise AwardIFRAPRENEUR Business Concept CompetitionBusiness Matching, Business PresentationRetirees SeminarCelebpreneur Talkshow, dan Exhibitor Gathering.

Untuk kenyamanan pengunjung, pihak penyelenggara menyediakan berbagai fasilitas seperti charging station, visitor lounge, snack bar, food truck, musalla, dan lain-lain.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IFRA 2019 mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Serta asosiasi waralaba dari luar negeri seperti Malaysia Franchise Association (MFA), Association of Chain Franchise Promotion Taiwan (ACFPT), Korea Franchise Association (KFA), Hongkong Trade Development Council (HKTDC), Franchising & Licensing Association, Singapore (FLASIA), dan Philippine Franchise Association (PFA).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top