Advan G1 Disejajarkan dengan iPhone

Calon produk flagship terbaru Advan, Gold 1 (G1) yang rencanya akan dirilis pada Agustus mendatang akan menggunakan cover dan body yang terbuat dari bahan metal. Ini semakin memperkuat dugaan bahwa GI mengekor ke iPhone.

Menurut Andi Gusena, Brand Director Advan, beberapa tahun ini, konsumen memilih smartphone tipis dan ringan. Produsen pun ramai-ramai memproduksi smartphone dengan cover body plastik, namun cover plastik menuai kelemahan, rentan pecah dan terkesan kurang premium.

Tjandra Lianto, Marketing Director Advan (kanan) saat jumpa pers membahas G1
Tjandra Lianto, Marketing Director Advan (kanan) saat jumpa pers membahas G1

“Bahan metal yang dibuat untuk Advan G1 ini diproses dengan teknologi CNC (Computer numerically controlled) yang melewati 125 kali proses,” tutur Andi dalam jumpa pers di Jakarta, kemarin (28/6).

Mesin CNC yang digunakan dalam memproses pembuatan body dan cover Advan G1 ini sudah masuk dalam mesin generasi CNC three Axis atau yang lebih dikenal dengan mesin frais (milling machine).

Dengan teknologi tersebut, cover dan body Advan G1 benar-benar akan menghasilkan desain yang ergonomis dan prestasi.
Proses pembuatannya memang sedikit rumit, lempengan metal utuh selanjutnya diproses dengan Diamond Cutter yang menghasilkan potongan serta lempengan body/cover. Kemudian proses tersebut menghasilkan potongan yang halus dan rapi dengan “finisihing 45 Bevel”. Selanjutnya dillakukan proses Anodizing, yaitu proses pelapisan aluminium dengan zat warna. Proses Anodizing ini menghasilkan warna sempurna yang tidak akan luntur pada body dan cover smartphone.

“Prosesnya memang panjang dan rumit, seperti penggarapan iPhone maupun smartphone premiumnya lainnya,” ungkap Andi.

Sementara itu, Tjandra Lianto, Marketing Director Advan mengatakan, teknologi CNC yang digunakan merupakan kolaborasi Indonesia dengan Taiwan.

Dalam kesempatan tersebut Tjandra kembali menegaskan, Advan pantang membandrol harga mahal bagi produk-produknya. Termasuk G1 meskipun spec nya premium namun akan dibandrol diharga Rp2 jutaan.

Tjandra menegaskan, sesuai dengan insight yang didapat dari riset konsumen, Advan G1 akan memiliki tiga keunggulan, enak digenggang, kamera beresolusi tinggi, dan daya tahan baterai yang bisa diandalkan.

“Ini pertama kali diproduksi ponsel dengan melibatkan publik. Selama ini proses R&D produsen ponsel dilakukan secara tertutup,” tandas Tjandra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here