Adopsi Sistim Digital Hadirkan Destinasi Wisata Aman Sambut Ramadan dan Lebaran

tempat wisata
Foto; Shutterstock.com

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Ramadan dan Lebaran akan segera tiba. PPKM yang levelnya semakin turun membuat masyarakat mulai kembali mengunjungi tempat-tempat wisata.
Menurut  Sammy Ramadhan, Co-founder & CEO GOERS Experience Manager (GEM) Solution,Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata-rekreasi yang menjadi mitra kami naik hingga 10x lipat saat high season di Q4 2021 dibandingkan Q3 2021. Angka kunjungan pada Januari dan Februari 2022 meningkat hingga 2x lipat dari periode yang sama pada tahun lalu.”
GEM Solution adalah solusi teknologi terintegrasi untuk manajemen pengelolaan reservasi, kunjungan dan ticketing bagi destinasi wisata-rekreasi. Teknologi ini membantu berbagai tipe destinasi, seperti waterpark, taman hiburan, galeri, museum, tempat wisata alam & buatan, untuk meningkatkan pendapatan dan beroperasi guna membantu Pemerintah mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata nasional.
Sammy melanjutkan, “Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, angka kunjungan biasanya sedikit terkoreksi selama bulan Ramadan sebelum kembali memuncak pada libur Lebaran. Bulan Ramadan biasanya digunakan oleh destinasi wisata-rekreasi mitra kami untuk melakukan optimalisasi servis dan sistem sehingga mereka siap menyambut pengunjung selama libur Lebaran.”
Bagi masyarakat, momen Ramadan kebanyakan diisi dengan kegiatan buka puasa. Sembari menanti saat berbuka biasanya dimanfaatkan untuk ngabuburit di sejumlah destinasi wisata-rekreasi, terutama yang menawarkan wisata pantai, taman atau ruang terbuka. Merespon fenomena ini, Sammy memberikan tips agar pengunjung dapat ngabuburit dan berbuka di tempat wisata dengan aman dan nyaman.
“Sesuai anjuran pemerintah, pastikan Anda sudah divaksin lengkap. Belilah tiket masuk tempat wisata secara online, setidaknya sehari sebelum berkunjung, untuk membantu pengelola memantau batas kapasitas tempat wisata. Pilihlah waktu berkunjung yang relatif sepi atau shoulder period. Patuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Jika memungkinkan, bawalah peralatan makan dan minum serta alat ibadah sendiri. Jangan lupa untuk scan aplikasi Peduli Lindungi saat masuk ke tempat wisata,” kata Sammy.
Sammy menambahkan pembelian tiket masuk ke destinasi wisata-rekreasi mitra GEM Solution didominasi oleh transaksi online sejak pandemi COVID19.
Penerapan teknologi digital di tempat wisata
“Pandemi yang berlangsung selama dua tahun ini telah mengubah perilaku wisatawan. Masyarakat sudah lebih terbiasa untuk melakukan reservasi dan membeli tiket masuk secara online setidaknya sehari sebelum tanggal kedatangan. Contohnya di Taman Impian Jaya Ancol, hampir 100% pembelian tiket masuk dilakukan secara online selama dua tahun terakhir. Perubahan positif ini adalah buah dari aturan yang ditetapkan oleh pihak pengelola dan implementasi teknologi yang terintegrasi,” ungkap Sammy.
Sejumlah destinasi wisata-rekreasi Indonesia tengah bersiap mengantisipasi lonjakan pengunjung pada momen Ramadan dan Lebaran 2022 dengan bantuan teknologi GEM Solution. Beberapa diantaranya adalah Taman Impian Jaya Ancol.
“Kapasitas maksimal Taman Impian Jaya Ancol saat ini adalah 75% kapasitas normal. Teknologi GEM Solution membantu kami secara otomatis memantau batas kapasitas pengunjung dengan lebih mudah secara real-time demi keamanan dan kenyamanan. Kami dapat menerapkan strategi lain bila kapasitas maksimal pengunjung kala pandemi sudah penuh. Misalnya dengan mengalihkan pengunjung lain ke shoulder period di hari atau jam masuk yang berbeda,” kata Budi Aryanto, Direktur Utama, PT Taman Impian Jaya Ancol, anak usaha PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.
GEM Solution sebagai teknologi besutan GOERS telah bekerja sama dengan lebih dari 50 destinasi wisata-rekreasi, antara lain Taman Impian Jaya Ancol, Go! Wet Grand Wisata Bekasi, Faunaland Ancol dan Dunia Fantasi Ancol. Guna membantu digitalisasi destinasi wisata-rekreasi, GEM Solution menawarkan kerjasama bebas biaya aktivasi.
Ada lima fitur utama oleh GOERS Experience Manager (GEM) Solution bagi pengelola destinasi wisata-rekreasi, yaitu 1) Solusi ticketing dan reservasi dengan berbagai opsi sistem pembayaran; 2) Validasi tiket dan crowd control; 3) Point of sale tiket, ritel dan dining; 4) Akses data lebih mudah, real-time dan satu pintu bagi pengelola destinasi wisata-rekreasi, dan 5) Promotion Tools dengan kode voucher dan email blast.
“Makin banyak pengguna dan pengelola destinasi wisata-rekreasi yang memanfaatkan teknologi digital, makin banyak pula data informasi yang terkumpul untuk pengembangan destinasi wisata-rekreasi di masa depan. Hal ini mendukung program pemulihan sektor pariwisata nasional menyusul mulai dibukanya kembali kran wisatawan mancanegara lewat kembalinya program visa-on-arrival dan uji coba bebas karantina,” pungkas Sammy.
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.