Telkomsel Besut Mobile Advertising Terpadu

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

MARKETING, Jakarta–Telkomsel menghadirkan tiga layanan baru di bidang Mobile Advertising, yakni U Interactive, MMS Video Ads, dan Mobile Ads Banner.

Ketiga layanan ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan aktivitas promosi pengiklan secara lebih produktif serta didukung jaringan mobile broadband terluas dan berkualitas Telkomsel.

VP Mobile Advertising Management Telkomsel, Nyoto Priyono menjelaskan Telkomsel menyajkan layanan terintegrasi di bidang mobile advertising untuk mendukung kemajuan aktivitas bisnis pengiklan.

“Kami yakin dengan layanan ini dapat direspon secara positif di pasar karena sangat bermanfaat, baik bagi pengiklan maupun masyarakat luas,” ujar dia.

Sejak dua tahun lalu, Telkomsel telah menjajaki bisnis mobile advertising, perbedaannya dengan yang sekarang ialah kelengkapan layanan dan lebih customize dari sisi pemilihan target pasar yang ingin di tuju oleh para pengiklan kelak.

Saat ini Telkomsel memiliki database 107 juta pelanggan dari beragam profil. Setiap pemilik merek dapat menentukan tipikal profil yang dikehendaki untuk mengirim iklannya.Mulai dari lokasi, pekerjaan, sampai perilaku pelanggan. Misal, pemilik merek A ingin iklannya dikirim pada pelanggan yang berumur 18 tahun, suka ke mal dan di lokasi di Jatinangor, Bandung. Maka iklan yang dikirim hanya kepada pelanggan di Jatinangor dan sesuai dengan profile yang diminta.

Total merek yang kini memanfaatkan jasa mobile advertising Telkomsel adalah 5000 merek. Sebanyak 70% nya berasal dari FCMG.Nyoto mengklaim bahwa tingkat respon Mobile Advertising Telkmsel bisa mencapai 5-7% disbanding broadcaster lain yang mungkin baru di kisaran 0,7%.

Sedikit ulasan perihal ketiga layanan Mobile Advertising Telkomsel yang baru;

U Interactive, merupakan media beriklan yang hadir dalam format UMB (USSD Menu Browser) dimana pengiklan dan pelanggan dapat berinteraksi secara real time, serta dapat diginakan untuk semua tipe/jenis ponsel.pelanggan tidak dikenakan biaya apapun dan pesan yang diterima tidak intrusive, karena ada di dalam notifikasi atau balasan terhadap permintaan pelanggan.

Berikutnya MMS Video Ads, perpaduan gambar, teks, suara dan video yanga terdapat pada MMS Video Ads akan memberikan pengalaman sendiri kepada pelanggan..Mekanisme pengriman adalah opt in for services, yang artinya hanya dikirimkan kepada pelanggan yang memang menginginkan layanan MMS Video Ads ini.

Pengiklan juga dapat menggiriing pelanggan untuk mengunjungi web site korporatnya melalui mobile ads banner. Pelanggan Telkomsel dapat memperoleh informasi dan fitur menarik dari berbagai kategori, seperti olahraga, hiburan, bisnis, travel, hanya dengan mengklik banner kecil yang disisipkan di bagian atas halaman mobile internet yang muncul pada saat pelanggan membuka halaman internet dari handset. Andri Darmawan