Marketing.co.id – Berita UMKM | Rangkaian kegiatan Jakpreneur Fest 2021 telah memasuki puncak acara dengan digelarnya Malam Apresiasi yang diselenggarakan di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat. Dalam acara ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menandatangani perjanjian kerja sama untuk pengembangan UMKM DKI Jakarta bersama Shopee Indonesia.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, sinergi antara pemerintah dan pihak swasta seperti Shopee dapat mewujudkan ekosistem digital untuk UMKM dapat bersaing secara global.
“Kita tahu pandemi telah berdampak besar bagi UMKM, baik supply dan demand. Di tengah daya beli masyarakat yang melemah saat ini, maka berbagai upaya kolaborasi antara pemerintah dengan e-commerce, (ini) juga sangat membantu. Kami memiliki catatan, UMKM yang bisa bertahan adalah yang bertumpu di ekosistem digital,” ungkap Teten.
Dalam kesempatan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa pada prinsipnya Jakarta perlu membentuk ekosistem yang sehat agar UMKM dapat berkembang. “Prinsip kami bukan mengecilkan yang besar, tetapi membesarkan yang kecil. Jakpreneur menjadi bagian dari janji kita, bahwa dengan adanya 44 pusat pendampingan ditargetkan hadirnya 200.000 wirausaha baru. Namun, target ini tidak tercapai, tetapi terlampaui sejumlah 281.000 UMKM baru,” ujar beliau.
Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menyampaikan komitmen Shopee yang sejalan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal perkembangan UMKM menuju ekspor. “Kami senang dapat menjadi mitra strategis pemerintah melalui kegiatan ini. Kami melihat adanya potensi besar dari UMKM di DKI Jakarta. Shopee menjadi rumah bagi lebih dari ratusan ribu UMKM aktif yang ada di Jakarta dengan puluhan ribu di antaranya telah berhasil ekspor. Ini menandakan bahwa terdapat banyak potensi UMKM di Jakarta yang siap dibina agar dapat menembus pasar global sehingga turut berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi,” kata Handhika.
Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo bersama Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, yang juga disaksikan Gubernur DKI Jakarta.
Kerja sama ini termasuk:
- Pertukaran data dan informasi dalam rangka pelatihan, pembinaan, dan pendampingan untuk UMKM Jakarta menuju ekspor. Shopee akan menyelenggarakan pelatihan, pendidikan, dan workshop terkait ekspor.
- Melakukan penyaluran modal untuk pelaku usaha berupa voucher toko, voucher iklan, program gratis yang diberikan, hingga promosi bisnis pelaku UMKM di Shopee.
- Memfasilitasi branding bisnis UMKM melalui kampanye dan perluasan pemasaran produk melalui platform Shopee, bahkan promosi ke negara tujuan ekspor melalui fitur pemasaran online.
UMKM merupakan titik tumpu yang memiliki andil besar dalam perputaran roda perekonomian Indonesia, termasuk untuk para pelaku usaha lokal di DKI Jakarta. Terdapat 1,1 juta UMKM di Jakarta yang berpotensi untuk dikembangkan melalui sinergi antara pihak pemerintahan dan instansi swasta guna berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.