Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

UMKM Jakarta Go Global, Pemprov DKI dan Shopee Berkolaborasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Malam Apresiasi Jakpreneur 2021 di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat.

Marketing.co.id – Berita UMKM | Rangkaian kegiatan Jakpreneur Fest 2021  telah memasuki puncak acara dengan digelarnya Malam Apresiasi yang  diselenggarakan di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat. Dalam acara ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menandatangani perjanjian kerja  sama untuk pengembangan UMKM DKI Jakarta bersama Shopee Indonesia.

Menteri Koperasi  dan UKM, Teten Masduki mengatakan, sinergi antara pemerintah dan pihak swasta seperti  Shopee dapat mewujudkan ekosistem digital untuk UMKM dapat bersaing secara global.

“Kita tahu  pandemi telah berdampak besar bagi UMKM, baik supply dan demand. Di tengah daya beli  masyarakat yang melemah saat ini, maka berbagai upaya kolaborasi antara pemerintah dengan  e-commerce, (ini) juga sangat membantu. Kami memiliki catatan, UMKM yang bisa bertahan  adalah yang bertumpu di ekosistem digital,” ungkap Teten.

Dalam kesempatan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa pada prinsipnya Jakarta perlu membentuk ekosistem yang sehat agar UMKM dapat berkembang. “Prinsip kami bukan mengecilkan yang besar, tetapi membesarkan  yang kecil. Jakpreneur menjadi bagian dari janji kita, bahwa dengan adanya 44 pusat  pendampingan ditargetkan hadirnya 200.000 wirausaha baru. Namun, target ini tidak tercapai,  tetapi terlampaui sejumlah 281.000 UMKM baru,” ujar beliau.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menyampaikan komitmen Shopee yang sejalan  dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal perkembangan UMKM menuju ekspor. “Kami  senang dapat menjadi mitra strategis pemerintah melalui kegiatan ini. Kami melihat adanya  potensi besar dari UMKM di DKI Jakarta. Shopee menjadi rumah bagi lebih dari ratusan ribu  UMKM aktif yang ada di Jakarta dengan puluhan ribu di antaranya telah berhasil ekspor. Ini menandakan bahwa terdapat banyak potensi UMKM di Jakarta yang siap dibina agar dapat menembus pasar global sehingga turut berkontribusi dalam percepatan  pemulihan ekonomi,” kata Handhika.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha  Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo bersama Direktur  Shopee Indonesia, Handhika Jahja, yang juga disaksikan Gubernur DKI Jakarta.

Kerja sama ini  termasuk:

  • Pertukaran data dan informasi dalam rangka pelatihan, pembinaan, dan pendampingan untuk  UMKM Jakarta menuju ekspor. Shopee akan menyelenggarakan pelatihan, pendidikan, dan  workshop terkait ekspor.
  • Melakukan penyaluran modal untuk pelaku usaha berupa voucher toko, voucher iklan,  program gratis yang diberikan, hingga promosi bisnis pelaku UMKM di Shopee.
  • Memfasilitasi branding bisnis UMKM melalui kampanye dan perluasan pemasaran produk  melalui platform Shopee, bahkan promosi ke negara tujuan ekspor melalui fitur pemasaran  online.

UMKM merupakan titik tumpu yang memiliki andil besar dalam perputaran roda perekonomian  Indonesia, termasuk untuk para pelaku usaha lokal di DKI Jakarta. Terdapat 1,1 juta UMKM di  Jakarta yang berpotensi untuk dikembangkan melalui sinergi antara pihak pemerintahan dan  instansi swasta guna berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top