www.marketing.co.id – Pembuatan strategi sering kali dilakukan dengan cara yang terlalu berlebihan dan rumit. Sebenarnya, strategi adalah memahami tentang posisi Anda saat ini, ke mana dan bagaiamana Anda akan menuju ke sana.
Strategi melibatkan pilihan-pilhan sulit dalam tiga hal:
- Siapa yang ditargetkan sebagai pelanggan
- Produk apa saja yang akan ditawarkan
- Bagaiamana mengimplementasikan strategi secara efesien
Penyebab kegagalan yang paling umum terjadi adalah ketidakmampuan untuk memperjelas pilihan dalam ketiga area tersebut.
Berikut beberapa hal untuk memastikan pembuatan strategi yang sukses:
1. Ciptakan sebuah posisi strategis yang unik untuk perusahaan Anda
Berfokuslah pada siapa pelanggan Anda, proposisi nilai yang ditawarkan untuk pelanggan, dan bagaimana Anda melakukannya secara efisien. (Jangan mencampuradukan strategi dengan visi, misi, atau tujuan)
2. Buatlah pilihan-pilhan yang berbeda dan bermakna
Kombinasikan pilihan-pilihan ini ke dalam sebuah sistem aktivitas yang saling bersesuain. Kesalahan yang sering dilakukan meliputi yang membuat pilihan tetap terbuka, memungkin orang mengabaikan strategi perusahaan yang terlalu mengekang, serta ketidakmampuan melakukan analisis.
3. Pahamilah pentingnya nilai dan intensif
Dengan memengaruhi perilaku, Anda dapat memengaruhi kesuksesan strategi yang Anda jalankan. Apa saja yang menentukan lingkungan organisai Anda, sehingga memahami pentingnya nilai dan intensif seperti:
- Kultur dan nilai
- Pengukuran dan insentif
- Karyawan
- Struktur
4. Raihlah komitmen emosional orang terhadap strategi
Strategi apapun akan gagal jika orang tidak berkomitmen secara emosional pada kesuksesannya.
5. Ketahuilah bahwa memahami tidak sama dengan berkomunikasi
Kita bisa menjelaskan bahwa memahami itu tidak sama dengan berkomunikasi kepada organisasi atau individu, sehingga kita bisa memastikan pembuatan strategi menjadi sukses.
6. Jangan mengabaikan kesenjangan antara mengetahui dan melakukan
Biasanya banyak orang yang cenderung melakukan hal-hal yang urgen dan bukan yang penting. Jadi banyak yang mengabaikan kesenjangan antara orang tersebut untuk mengetahui dan melakukan.
7. Jangan berasumsi bahwa strategi hanya dapat dibuat oleh orang-orang atas
Perlu Anda ketahui bahwa yang namanya ‘ide’ dapat datang dari siapa saja, kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja. Jadi, intinya dengan ide-ide tersebut akan memunculkan strategi yang sukses.
8. Pertahankan agar strategi Anda tetap fleksible
Ide memiliki masa berlaku, lakukan penilaian ulang secara terus-menerus terhadap jawaban dari pertanyaan “siapa, apa, dan bagaimana.” Strategi juga perlu disesuaikan dengan kondisi eksternal. Jadi , perbolehkan jajaran Anda untuk memberikan respons dan membuat penyesuaian , tanpa menunggu izin terlebih dahulu.
bari pertama kali saya berkunjung ke website ini sangat bermanfaat bagi saya karena mengulas tentang berbisnis strategi..