Tren Berbelanja dan Berpromosi Terbaru

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

www.marketing.co.id – Dalam waktu singkat, 2.127 voucer Marcopolo, 1.890 voucer Wijaya Skin Center, dan 11.216 voucer New Zealand Ice Cream terjual. Apa rahasianya?

Marcopolo Water Park-Serpong, Wijaya Skin Center-Sunter, dan New Zealand Ice Cream tidak menyangka jika berpromosi melalui DealKeren bisa membuahkan hasil luar biasa. Dengan modal setuju memberi potongan harga 50%–80% untuk konsumen dan tanpa biaya promosi di muka, ketiga brand tersebut dipromosikan DealKeren melalui situs, akun Facebook, Twitter, bahkan pemasangan iklan.

Ya, DealKeren—perusahaan e-commerce lokal—menghadirkan cara baru yang efektif dan efisien untuk berpromosi dan berbelanja melalui situs daily deal-nya, www.dealkeren.com. Situs yang disokong jaringan bisnis Rebate Network dan Ensogo ini mulai beroperasi sejak Agustus 2010.

Kedua perusahaan tersebut telah membangun jaringan daily deal platform di 29 negara dan lebih dari 300 kota di seluruh dunia. DealKeren menjaring kerjasama dengan para pebisnis atau pemilik produk, layanan, dan merek bisnis untuk berpromosi serta menjaring pelanggan dengan memberikan tawaran menarik dan unik.

“Para pebisnis selalu mencari cara untuk mempromosikan diri dan meraih pelanggan dengan efektif. Bahkan jika memungkinkan, tanpa mengeluarkan biaya besar. Di sisi lain, masyarakat sebagai konsumen selalu mencari cara untuk berhemat tanpa mengorbankan kegemaran belanja dan bersenang-senang,” kata Adrian Suherman, CEO DealKeren.

Adrian menambahkan, DealKeren memberikan solusi bagi kebutuhan pebisnis dan konsumen dengan skema yang sama-sama menguntungkan, tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam. Ya, setiap hari DealKeren menawarkan produk/layanan dengan penghematan terbaik. Kisaran diskonnya mencapai 50%–80% dari harga umum dengan waktu penawaran singkat antara 24–72 jam kepada para member.

“Konsumen bisa berhemat dengan cara yang mudah di berbagai merchant, mulai dari restoran, salon & spa, hotel, pertunjukan musik, tempat rekreasi, dan berbagai kebutuhan lifestyle. Bahkan, ini bisa digunakan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit sekalipun,” ujar Adrian.

Bagi para pebisnis, DealKeren merupakan jalur promosi terbaik yang efisien dan website review Adrian Suherman,CEO DealKeren terjangkau untuk menciptakan brand awareness dari promosi word of mouth dan viral marketing. Hal ini membawa pelanggan baru dan meraup keuntungan tanpa biaya didepan. Adrian mengungkapkan, para pebisnis yang bergabung atau merchant hanya membayar komisi sesuai jumlah voucer yang terjual, jadi tidak ada risiko.

Sementara bagi para member, deal yang ditawarkan dijamin sebagai deal dengan harga terbaik untuk menikmati berbagai produk dan layanan dari merek terkenal maupun baru. “Kebanyakan masyarakat enggan untuk mencoba produk dan tempat baru—khususnya yang lokasinya kurang strategis atau tidak terkenal,” ujar dia.

Dengan informasi yang lengkap di situs DealKeren dan potongan harga, masyarakat akan lebih tertarik untuk mencoba. Hal ini sesuai dengan slogan bisnis DealKeren, “It’s Cool to Try Things”, yakni mendorong masyarakat untuk mencoba hal-hal baru dan menjadikan DealKeren sebagai referensi utamanya.

Para member sangat menyukai deal yang ada karena penghematan yang ditawarkan. Sebagai contoh, member bisa mendapatkan voucer perawatan kecantikan kulit dari Wijaya Skin Solution senilai Rp 50.000 dengan membeli voucer seharga Rp 10.000 saja. Untuk menjadi member pun sangat mudah dan tidak dipungut bayaran, calon member hanya perlu mendaftarkan email.

Adrian mengungkapkan, tak sedikit merchant yang mengaku kedatangan pelanggan baru yang rela jauh-jauh datang untuk mencoba pengalaman baru. “Hampir setiap hari pelanggan datang menukarkan voucernya. Bahkan ada yang rela datang dari Ciputat ke klinik Wijaya Skin Solution Sunter,” kata dia.

DealKeren sendiri menyasar kaum muda dan mereka yang berjiwa muda, gemar berbelanja, dan memanfaatkan teknologi internet. Selain itu, mereka juga menyukai hal-hal baru dan aktif di berbagai situs jejaring sosial. Tentunya, segmen pasar inilah yang sangat diincar oleh para merchant saat ini.

Sebagai bukti dari antusiasme masyarakat Indonesia, hanya dalam waktu enam bulan setelah beroperasi, DealKeren telah memiliki member lebih dari 100 ribu orang. DealKeren berhasil menjual rata-rata 10.000 voucer dengan pertumbuhan lebih dari dua kali lipat tiap bulannya. Tak hanya itu, DealKeren pun memberikan penghematan hingga Rp 82 juta per deal serta membantu pebisnis lokal dan brand baru untuk mendapatkan pelanggan.

Ratusan merchant pun merasakan dampak nyata dari berpromosi di DealKeren. Mayoritas dari mereka mendapatkan hasil di luar perkiraan, seperti yang dialami sejumlah merchant populer semisal es krim New Zealand Natural (11.216 voucer), Blitzmegaplex (609 voucer), restoran Jepang Shabuya (1.265 voucer), dan Dunia Fantasi (1.222 voucer). (Fisamawati)