
Berfokus pada produksi TV dengan teknologi LED, Toshiba miliki target untuk meraih pangsa pasar sebesar 25% dengan target penjualan sebanyak 1.060.000 unit

Marketing.co.id – Pada 2010 Toshiba berhasil menjual 94.000 unit TV dan meraih pangsa pasar sebesar 11%. Angka tersebut kemudian meningkat drastis di 2011 menjadi 530.000 unit dengan perolehan pangsa pasar 22%. Tahun 2011 menjadi tahun keemasan untuk Toshiba setelah diluncurkannya seri Regza Power TV.
Berkembangnya kepedulian Toshiba di Indonesia dan dunia terhadap kelestarian lingkungan hidup dan adanya tren kebutuhan yang terjadi di pasar membuat Toshiba semakin fokus memproduksi TV dengan teknologi LED yang lebih hemat energi, memiliki tampilan lebih tipis dan lebih menawan.
Peningkatan penjualan televisi secara nasional pun dari tahun ke tahun terus meningkat dan menunjukkan bahwa konsumen Indonesia adalah pasar yang potensial untuk pemasaran televisi. Tahun 2010 saja, angka penjualan televisi secara nasional mencapai 852.000 unit yang kemudian meningkat tajam pada tahun berikutnya menjadi 2.465.000 unit.
Jun Nishioka, President Director PT Toshiba Visual Media Network Indonesia, mengatakan, ”Keberhasilan Regza Power TV di 2011 didasari oleh fitur Power TV yang mengakomodasi kebutuhan konsumen Indonesia, yakni Power Booster untuk menguatkan sinyal, Power Saver untuk lebih hemat energi, Power Charger solusi untuk listrik yang sering mati, Power Sound yang memiliki suara lebih baik dibanding TV sejenisnya dan Auto Clean untuk membersihkan sinyal TV terutama di daerah-daerah terpencil.”
Melihat kebutuhan pasar yang cenderung menginginkan efisiensi termasuk memiliki televisi dengan fitur hemat energi dan desain yang lebih tipis, Toshiba menunjukkan komitmen dengan berangsur-angsur memfokuskan diri hanya memproduksi TV dengan teknologi LED backlight. TV dengan tipe ini menghabiskan daya listrik yang lebih kecil dibandingkan dengan TV LCD CCFL backlight dan TV tabung. Secara otomatis, TV dengan teknologi LED mampu menghemat pengeluaran listrik rumah tangga.
“Tahun ini, Toshiba berangsur-angsur akan fokus untuk memproduksi TV dengan teknologi LED backlight saja. Optimisme ini membuat kami memasang target untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar tahun 2012, yakni 25% dengan target penjualan sebanyak 1.060.000 unit”, ujar Nishioka.
Ardi Nursalim, Section Manager, Innovation & Promotion Section, Factory Planning Department PT. Toshiba Consumer Products Indonesia mengungkapkan, “besarnya kepercayaan dunia internasional akan kualitas produk yang dihasilkan oleh PT Toshiba Consumer Products Indonesia tentunya didukung oleh kualitas pekerja yang baik dan teknologi canggih yang diterapkan di dalam pabrik. Dengan tenaga kerja yang berjumlah 1.537 orang, Toshiba selalu memaksimalkan produknya untuk dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumennya.” Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama Toshiba dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas.
menurut Ardi, selain mengedepankan kebutuhan konsumen, Toshiba sebagai perusahaan terkemuka juga peduli akan kelestarian lingkungan. Konsep Eco Style sangat nyata terutama di lingkungan pabrik melalui produk-produk ramah lingkungan yang dihasilkan serta penerapan proses produksi yang tidak menghasilkan limbah berbahaya. (CS)