Tuesday, September 2, 2025
HomeFINANCIAL SERVICESJULO Perkuat Mitigasi Risiko Kredit Macet

JULO Perkuat Mitigasi Risiko Kredit Macet

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT JULO Teknologi Finansial mengambil langkah strategis untuk memperkuat mitigasi risiko kredit. JULO memperkuat lini penagihan (collection), mengoptimalkan underwriting berbasis data, serta menjaga kualitas portofolio pinjaman agar tetap sehat dan berkelanjutan.

Sepanjang kuartal pertama 2025, JULO meningkatkan jumlah agen field collection sebanyak 48% guna memperkuat kinerja penagihan di lapangan. Langkah ini turut diiringi dengan ekspansi area operasional sehingga menjangkau lebih banyak pengguna, dengan tetap menjaga prinsip penagihan beretika sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia  (AFPI). Hasilnya, total pembayaran kembali atau repayment yang dihasilkan oleh agen meningkat sebesar 56% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Tak hanya itu, proses underwriting JULO juga terus disempurnakan dengan teknologi machine learning untuk menganalisis pola perilaku pengguna secara lebih akurat.

Untuk memperkuat verifikasi dan deteksi potensi fraud, JULO juga telah terintegrasi dengan sistem data terpusat Fintech Data Center (FDC) serta Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil (Dukcapil). Dengan demikian, limit kredit yang diberikan lebih tepat sasaran dan disesuaikan dengan kemampuan pengguna. Pendekatan berlapis ini membantu JULO menjaga rasio non-performing loan (NPL) tetap di bawah ambang batas yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Demi meringankan tantangan finansial para pengguna di tengah situasi ekonomi saat ini, JULO tetap menjaga suku bunga di bawah batas maksimum OJK. Sistem pengingat pembayaran yang komprehensif juga membantu pengguna mengelola keuangan lebih strategis dan menghindari denda keterlambatan.

Presiden Direktur JULO, Harri Suhendra menyampaikan, “JULO mengedepankan prinsip kehati-hatian, bukan hanya untuk mengurangi risiko gagal bayar, tapi juga untuk memberikan solusi yang meringankan sesuai dengan kemampuan pengguna. Sebagai anggota AFPI, kami terus menjaga komunikasi aktif dengan regulator dan mendukung kebijakan OJK untuk menjaga stabilitas industri.”

Dengan limit kredit hingga Rp50 juta dan tenor fleksibel hingga 12 bulan, JULO menawarkan kemudahan akses pembiayaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Fitur transaksi lengkap, mulai dari transaksi tunai, pembayaran e-commerce, hingga pelunasan tagihan rutin seperti listrik, BPJS, dan pendidikan.

Dukungan terhadap berbagai metode pembayaran ini menjadikan JULO sebagai layanan kredit digital yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat, sekaligus mendukung pengelolaan keuangan yang lebih bijak dan berkelanjutan.

Hingga kuartal pertama 2025, JULO telah memfasilitasipendanaan kepada lebih dari 3,2 juta pengguna di seluruhIndonesia. Kemitraan strategis dan integrasi denganekosistem digital terpercaya seperti Grab dan DANA menjadi katalisator penting bagi JULO dalammemperluas jangkauan akses demi mewujudkan inklusikeuangan ke lebih banyak lapisan masyarakat secaraaman dan bertanggung jawab.

RELATED ARTICLES

Most Popular