YCAB Foundation Rayakan Pencapaian Dampak Sosial dan Implementasi ESG

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Merayakan ulang tahunnya yang ke-25 Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) menggelar Impact Festival di Gandaria City. Acara ini bertujuan untuk memperingati berbagai dampak positif yang telah dihasilkan, mulai dari memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga menghasilkan para pengusaha muda Indonesia yang memiliki misi sosial dengan nilai-nilai lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) yang kuat dalam menciptakan dampak positif dalam aspek 3P (people, planet, dan profit).

Festival berlangsung selama dua hari, 31 Agustus 2024 – 1 September 2024. Hari pertama Impact Festival dimulai dengan serangkaian Mini Masterclass yang diadakan di Oppo Gallery, Gandaria City, dipandu oleh para ahli, termasuk Naina Subberwal Batra, CEO AVPN, yang membahas “Financing Through the Continuum of Capital,” serta Andy F. Noya, Jurnalis Senior dan Pendiri BenihBaik.

Dalam kesempatan tersebut Andy F. Noya memperingatkan anak muda untuk tidak berpikir instan menjadi kaya raya dari bisnis startup yang digelutinya.”Tidak ada yang salah dengan bermimpi jadi miliarder tapi sukses itu butuh proses,” kata Andy.

Baca juga: Geser Posisi The Crazy Rich, The Crazy Kind Siap Ubah Dunia Jadi Lebih Baik

Sikap untuk cepat kaya di kalangan anak muda diperparah oleh konten flexing yang banyak berseliweran di media sosial. ”Flexing Berapa Lamborghini yang dimiliki, kemana-mana naik pesawat first class, akhirnya anak muda menghalakan berbagai cara untuk sukses,” lanjut Andy.

Andi juga menegaskan, sukses tidak diukur dari materi yang dimiliki tapi berapa banyak dampak positif yang diterima masyarakat, dan hal ini bisa dicapai melalui social enterprises atau kewirausahaan sosial.

Menurut Andi salah strategi untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat bawah yakni dengan fokus memberdayakan perempuan.”Kita di BenihBaik selalu menekankan untuk membantu usaha yang dilakukan perempuan, karena kalau berhasil akan berdampak positif pada keluarganya. Kalau bapak-bapak begitu sukses yang dipikirkan bagaimana untuk kawin lagi,” katanya.

YCAB Foundation
Diskusi Impact Festival di Gandaria City

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran buku “Impact Story: 25yr Journey to Impact”. Buku ini menyoroti bagaimana YCAB telah berkontribusi pada perubahan sosial dan ekonomi yang positif di Indonesia serta pencapaian dalam berbagai program, termasuk keberhasilan “Ibu Harta Anak Pintar,” yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi ibu-ibu UMKM dan pendidikan remaja prasejahtera.

Veronica Colondam, Pendiri dan CEO YCAB Foundation mengatakan, “Selama 25 tahun, YCAB terus berupaya memberikan kontribusi secara konsisten untuk menghadirkan perubahan positif melalui berbagai inisiatif pemberdayaan ekonomi dan pendidikan. Dengan moto kami “Child by Child, We Build Our World”, kami meyakini bahwa perubahan besar, dimulai dari langkah-langkah kecil: satu anak, satu Ibu, satu keluarga yang terdidik dan berdaya hingga akhirnya satu dunia yang sejahtera.

Baca juga: Komitmen pada Pemberdayaan Perempuan, PT Combiphar Serahkan Mesin Perajang untuk 5 Desa Binaan

Buku Impact Story: 25yr Journey to Impact merupakan rekam jejak perjalanan kami menjadi bagian kecil dalam mewujudkan misi besar tersebut. Ke depan, kami ingin YCAB menjadi wadah kolektif dimana semua orang turut serta menjadi agen perubahan untuk dunia yang lebih baik,” lanjut Veronica.

Impact Festival berlanjut di Piazza Area dengan peluncuran podcast “Go ImpAct”, yang dipandu oleh Veronica Colondam. Podcast ini bertujuan menyebarluaskan pesan yang berdampak dan menginspirasi tindakan nyata positif. Dengan berbincang bersama pelopor perubahan, podcast ini memotivasi pendengar untuk terlibat dalam gerakan sosial dan inovasi yang menciptakan dampak luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here