Kopi Kenangan Umumkan Rencana Ekspansi ke Filipina dan India

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Bulan Agustus menjadi bulan yang sangat spesial untuk Kopi Kenangan. Di bulan ini Kopi Kenangan genap menginjak usianya yang ke-7. Perjalanan selama tujuh tahun diwarnai dengan berbagai tonggak prestasi baik di dalam negeri maupun di panggung internasional. Serunya, ulang tahun Kopi Kenangan ini disebut sebagai HARMANAS (Hari Mantan Nasional).

Glimpse of Kopi Kenangan

KopKen mengawali perjalanannya di tahun 2017 dengan sebuah gerai kecil dengan modal sendiri oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa. Setelah berhasil mendapatkan pendanaan awal di tahun 2018, Kopi Kenangan mulai giat melakukan ekspansi gerainya di Indonesia. Ia pun mulai mengukuhkan posisinya sebagai pemain utama di pasar kopi fresh-brew di Indonesia.

Di tahun 2019, Kopi Kenangan berhasil mendapatkan pendanaan Seri A. Penyanyi rap Jay-Z serta petenis dunia Serena Williams saat itu turut berinvestasi di Kopi Kenangan. Meski pada tahun 2020 wabah Covid-19 melanda, Kopi Kenangan terus melakukan ekspansi dengan pengalihan strategi ekspansi. Sebelumnya difokuskan ke area Central Business District (CBD) menjadi ke area residensial.

Tak berhenti di situ, tahun 2022, Kopi Kenangan mewujudkan visinya untuk memperkenalkan kopi Indonesia sebagai sebuah brand. Kopi Kenangan membuka gerai pertama di Malaysia, dilanjutkan dengan Singapura pada 2023.

“Sepak terjang tujuh tahun Kopi Kenangan di Indonesia telah berhasil menghadirkan lebih dari 900 gerai. Guna mewujudkan visi untuk menghadirkan kopi lokal berkualitas untuk seluruh lapisan masyarakat. Kami menargetkan untuk memiliki 2000 gerai Kenangan Brands di Indonesia pada tahun 2027,” kata Edward Tirtanata, Group CEO and Co-Founder of Kopi Kenangan.

Rencana Ekspansi Kopi Kenangan ke Filipina dan India

Pada perayaan HARMANAS ke-7 ini, Kopi Kenangan resmi mengumumkan ekspansi internasional ke negara ketiga dan keempat yaitu Filipina dan India. Sama seperti Malaysia dan Singapura, kedua negara ini juga akan beroperasi di bawah nama merek internasional Kenangan Coffee. Kopi Kenangan berharap dapat mempercepat perjalanan ekspansi globalnya melalui strategi lisensi bisnis dengan pemain F&B lokal di negara yang dituju.

Filipina menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang akan disambangi oleh Kenangan Coffee. Memiliki selera kudapan manis yang mirip dengan Indonesia, Filipina menjadi langkah ekspansi yang tepat. Di kalangan generasi muda, yang merupakan pelanggan utama Kopi Kenangan dan Kenangan Coffee, popularitas kopi fresh brew semakin meningkat, terutama es kopi. Dari tahun 2021 hingga 2023, penjualan kopi di Filipina tumbuh dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) lebih dari 20%.

Awal tahun 2025 akan menjadi langkah pertama Kopi Kenangan untuk melakukan ekspansi ke negara di luar Asia Tenggara, yaitu India. Konsumsi kopi di India sedang naik daun di kalangan Gen-Z dan Millennials. Pertumbuhan ini juga dicerminkan dengan pertumbuhan penjualan chained cafes di India pada tahun 2020-2022 yang mencapai 29%2 . Ekspektasi pertumbuhan pasar cafe juga diprediksi akan meningkat 19-21% dalam kurun waktu 5 tahun ke depan 3.

“Di ulang tahun ke-7 Kopi Kenangan, kami merayakan perjalanan luar biasa yang telah membawa kami dari sebuah kedai kecil di Indonesia ke panggung internasional. Ekspansi kami ke Malaysia dan Singapura adalah bukti komitmen kami untuk menyajikan kopi berkualitas kepada lebih banyak orang di seluruh dunia. Ke depan, harapan kami adalah terus memperluas jangkauan dengan membuka 500 gerai internasional Kenangan Coffee yang akan tersebar di berbagai negara,” ucap Edward.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here