Persaingan Sengit, eCommerce Berlomba-Lomba Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Para pemain eCommerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus meningkatkan daya  saing mereka melalui inovasi fitur serta program untuk menghadirkan pengalaman belanja hilistik terbaik.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pesatnya perkembangan teknologi telah membawa perubahan yang signifikan, termasuk dalam perilaku belanja online masyarakat.

Para pemain eCommerce pun terus meningkatkan daya saing mereka melalui inovasi fitur dan program agar konsumen merasakan proses belanja yang memuaskan secara keseluruhan.

Dengan peta persaingan yang dinamis saat ini, platform mana yang berhasil unggul dalam menghadirkan pengalaman belanja online holistik paling memuaskan bagi masyarakat?

Melihat situasi pasar digital di awal 2024, yang terus bergerak mengikuti perkembangan kebutuhan dan preferensi masyarakat, IPSOS melakukan riset bertajuk  ”Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce”. Riset ini menemukan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat  kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online.

Indikator tingkat kepuasaan yang  berbanding lurus dengan aspek rekomendasi, dipengaruhi oleh bagaimana pengalaman  belanja online dari hulu ke hilir.

Keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan, didukung oleh  data, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan  Lazada (36%). Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai eCommerce paling  unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan bagi konsumen.

Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia mengatakan, sejak kehadiran platform eCommerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja  online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang.

Seiring  dengan meningkatnya popularitas belanja online, platform eCommerce pun harus  menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman  belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam.

“Melalui riset ini, kami ingin mengidentifikasi platform marketplace mana yang  berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang  memengaruhi pilihan tersebut,” jelasnya.

Strategi eCommerce dalam menghadirkan pengalaman belanja secara holistik

Memberikan pengalaman berbelanja secara holistik dengan mengedepankan kepuasan  konsumen menjadi daya tarik utama pada sebuah platform eCommerce. Jika diamati lebih  lanjut, terdapat berbagai aspek yang memengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam  berbelanja online.

Beberapa aspek yang dinilai esensial oleh responden dalam menentukan  tingkat kepuasan berbelanja online di antaranya banyaknya pilihan metode pembayaran, tersedianya toko resmi yang beragam, harga termurah, serta banyaknya pilihan layanan pengiriman.

Seiring dengan terus berkembangnya inovasi dari platform eCommerce, preferensi masyarakat pun bertambah. Tidak hanya dalam menentukan pilihan produk  namun juga cara berbelanja.

Kini, fitur interaktif seperti Live Shopping dan video  pendek juga menjadi nilai tambah yang membantu masyarakat menentukan pilihan dalam berbelanja. Dalam survei ini ditemukan, 63% responden menganggap Shopee  menjadi salah satu eCommerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik,  disusul TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%).

Menurut Andi Sukma, beragamnya aspek yang diperhatikan pelanggan saat mengukur tingkat kepuasan yang  ditawarkan platform belanja online mencerminkan dinamika dalam industri eCommerce saat ini. Oleh karenanya, pemain eCommerce perlu untuk senantiasa berinovasi guna  memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat.

“Melalui data yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa Shopee menjadi eCommerce yang unggul dalam  upaya menghadirkan pengalaman belanja holistik paling memuaskan bagi pengguna,” ujar  Andi Sukma.

Selain fitur belanja, memastikan pesanan sampai di tangan pelanggan dengan pengiriman  yang cepat dan tepat juga menjadi salah satu prioritas utama dalam memilih platform eCommerce. Menurut riset ini, Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman disusul Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%).

Setelah paket sampai, terkadang ada hal di luar kendali yang membuat pembeli harus  mengembalikan pesanan kepada penjual. Untuk itu, kebijakan pengembalian barang yang  mudah juga dinilai penting dalam melengkapi pengalaman belanja holistik. Menurut survei ini 66% pengguna mengatakan  Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat, dibandingkan Tokopedia (15%),  Lazada (11%), dan Tiktok Shop (8%).

Lebih lanjut Andi Sukma mengatakan, konsumen Indonesia kini semakin  selektif dalam memilih platform eCommerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan  program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform. Dan, Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman  belanja online holistik yang memuaskan dari awal hingga akhir bagi masyarakat.

“Shopee  tidak hanya menawarkan pilihan metode pembayaran yang beragam, kelengkapan produk,  harga yang termurah, dan ragam layanan pengiriman cepat serta proses pengembalian yang  mudah, tetapi juga memanfaatkan fitur-fitur interaktif seperti live streaming dan video  pendek untuk meningkatkan keterlibatan serta kepuasan konsumen. Semua aspek ini menjadikannya sebagai platform eCommerce paling diandalkan dan  direkomendasikan konsumen di Indonesia,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here