Sandiaga Uno Dukung Peningkatan Pengalaman Wisata Perjalanan Kuliner Melalui Nusa Food Guide

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Kuliner Indonesia yang kaya dan lezat telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dalam mendukung pertumbuhan sektor kuliner dan pariwisata di Indonesia, NusaTrip, agen perjalanan online berlisensi IATA dan anggota ekosistem Society Pass (Nasdaq: SOPA) di Asia Tenggara, memperkenalkan Nusa Food Guide. Platform ini bertujuan menyediakan informasi tentang destinasi kuliner di Indonesia bagi para wisatawan mancanegara dan domestik.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020, terdapat 1,51 juta unit usaha mikro-kecil di industri makanan, yang merupakan kontributor terbesar pada skala usaha mikro-kecil. Melihat angka tersebut, NusaTrip ingin lebih mendukung dan mengembangkan pengalaman wisata kuliner di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, “Kuliner menjadi alasan bagi 63% wisatawan dalam berwisata. Karenanya, kami mendukung dan mengembangkan program-program wisata gastronomi, termasuk yang telah kami lakukan di Ubud, Bali, yang diproyeksikan menjadi prototipe gastronomi dunia. Kami sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang akan dilakukan oleh NusaTrip untuk meluncurkan Nusa Food Guide. Tentunya, diharapkan dapat meningkatkan wisata perjalanan kuliner di Indonesia.”

Anson Neo, Chief Marketing Officer NusaTrip, menyatakan komitmennya untuk mempromosikan Indonesia kepada wisatawan baik secara regional maupun global. “Kami telah menyediakan lebih dari 500 pilihan maskapai penerbangan dan 650.000 hotel di seluruh dunia. Kami terus berupaya meningkatkan kedatangan wisatawan asing ke Indonesia, termasuk melalui program wisata kuliner yang akan kami inisiasi.”

Nusa Food Guide akan mengangkat kekayaan kuliner dari beberapa provinsi di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung, Sumatera, dan Sulawesi. Platform ini dirancang sebagai wadah informasi seputar wisata kuliner Indonesia, dengan melibatkan berbagai pemangku kebijakan, Key Opinion Leaders, dan UMKM untuk menciptakan konten digital yang informatif.

Head of Marketing Nusatrip, Rosa Milyarna, menyatakan, “Kami akan menciptakan beragam konten digital yang menjelaskan bahan baku makanan terkenal di Indonesia dan makanan khas di berbagai kota. *Nusa Food Guide* akan menjadi panduan lengkap bagi para wisatawan yang mencari pengalaman kuliner yang autentik di Indonesia.”

Dalam tahap awal, Nusa Food Guide juga akan menyediakan paket wisata termasuk penginapan dan wisata kuliner untuk mengakses acara-acara di lima destinasi wisata super prioritas Indonesia, termasuk perhelatan MotoGP di Mandalika International Circuit di Lombok.