Impact Report 2022, Bobobox Sediakan Akses Tidur Berkualitas Hingga Berdayakan Komunitas Lokal

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id — Berita Lifestyle | Bobobox resmi meluncurkan laporan Impact Report periode 2022 bertajuk Travel With a Purpose: Our Story Towards Impactful Experience. Ini sekaligus menunjukkan komitmen Bobobox dalam mewujudkan misi keberlanjutan, serta inisiatif yang telah dilakukan untuk memberdayakan komunitas lokal dan mendorong inklusivitas.

Co-Founder & CEO Bobobox, Indra Gunawan menjelaskan, memasuki tahun ke-6 beroperasi, Bobobox terus mengembangkan jangkauan produk di berbagai lokasi untuk menghadirkan pengalaman beristirahat yang unik dan bermakna kepada konsumen. Hingga saat ini, Bobobox memiliki lebih dari 1.262 kamar tersebar di 28 lokasi di Indonesia mulai dari Sumatera, Pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

Dengan rata-rata tingkat okupansi yang konsisten di angka 90%, Bobobox tidak hanya berfokus pada penyediaan akomodasi yang ramah kantong, tetapi juga mampu mempromosikan praktik keberlanjutan. Karena itu, laporan dampak ini merangkum perjalanan Bobobox dalam merevolusi industri perhotelan melalui produk dan inisiatif teknologi yang dihadirkan.

“Kami menyadari bahwa dampak Bobobox lebih dari sekedar memberikan fasilitas beristirahat yang nyaman bagi konsumen. Bobobox juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat di sekitar lokasi akomodasi kami. Melalui laporan dampak ini, kami ingin membagikan perjalanan Bobobox dalam mewujudkan komitmen keberlanjutan, serta inisiatif yang telah kami implementasikan untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada konsumen, karyawan, investor, dan komunitas sekitar,” papar dia.

Berikut perjalanan menuju bisnis lebih bertanggung jawab yang dirangkum dalam Impact Report Bobobox periode 2022: Travel With a Purpose: Our Story Towards Impactful Experience.

Tantangan Milenial dan Generasi Z dalam Mengakses Tidur Berkualitas

Tidur adalah salah satu bentuk aktivitas yang memiliki hubungan erat dengan kondisi well-being seseorang. Namun, berbagai faktor menyebabkan kondisi tidur yang cukup dan berkualitas sulit untuk dicapai, terutama di kalangan Milenial dan Generasi Z. Survei yang dilakukan oleh Bobobox dan Konekta Consulting menunjukkan, bahwa 80% responden dewasa mengungkapkan keinginan untuk meningkatkan kualitas tidur, namun 67% dari mereka belum bisa mencapai kondisi tidur yang ideal. Hal ini ditandai dengan seringnya frekuensi terbangun setidaknya sekali di tengah malam.

Temuan ini sejalan dengan studi Universitas Udayana pada tahun 2022, di mana prevalensi insomnia di kalangan masyarakat Indonesia mencapai sekitar 28 juta orang. Tentu ini merupakan kondisi yang memprihatinkan. Pasalnya, terdapat beberapa konsekuensi langsung dan tidak langsung yang dapat dialami individu ketika tidak mampu mencapai kondisi tidur yang optimal. Mulai dari kondisi lelah fisik dan mental, sulit untuk fokus dan berkonsentrasi, sering menguap, hingga daya tahan tubuh yang menurun menjadi beberapa implikasi yang umum dirasakan oleh mereka yang mengalami gangguan tidur.

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri perhotelan dan properti teknologi, komitmen Bobobox dalam memberikan pengalaman yang unik dan menyeluruh kepada konsumen tercermin dalam rangkaian fitur yang tersedia di dalam kamar terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur para tamu secara signifikan. Lebih dari 66% tamu yang menggunakan fitur meditasi tidur atau sleep meditation mengatakan mampu tidur dengan lebih rileks dan lelap.

Bobobox juga memiliki ‘Quiet Hours’ atau waktu tenang demi mengurangi tingkat kebisingan dan menciptakan lingkungan tidur yang kondusif. Sistem ini diakui dapat membantu kondisi tidur yang lebih nyaman oleh 89% responden. Beberapa fitur krusial lain juga turut mendukung terciptanya lingkungan tidur berkualitas, selengkapnya terangkum dalam Impact Report Bobobox 2022.

Memperkaya Potensi Pariwisata Melalui Kolaborasi Berkelanjutan dengan Komunitas dan Talenta Lokal

Sebagai negara yang kaya akan keindahan alam dan warisan budaya, Indonesia menyimpan potensi pariwisata yang tak terhingga, terlebih di daerah rural atau pedesaan. Ini juga berlaku di Cikole, yang merupakan lokasi pertama Bobocabin, hotel kabin berbasis teknologi yang dikembangkan oleh Bobobox.

Sebelum Bobocabin Cikole hadir, Orchid Forest Cikole memiliki jumlah pengunjung tahunan di angka 1.637 pada tahun 2020. Namun, setelah diluncurkannya Bobocabin Cikole, jumlah pengunjung mengalami lonjakan yang luar biasa sebesar 9,7 kali pada tahun 2021 dan 11,5 kali pada tahun 2022.

Menawarkan akomodasi unik yang menyatu dengan keindahan alam, potensi tersebut lebih lanjut dikembangkan oleh Bobocabin. Tidak hanya memperkenalkan titik pariwisata baru di Indonesia, Bobocabin juga bermisi untuk memberi dampak yang lebih menyeluruh kepada masyarakat di sekitar wilayah operasinya dengan bermitra dengan UMKM lokal dan merekrut talenta lokal.

Untuk membangun ekosistem pariwisata yang mampu memberikan dampak positif yang lebih luas, Bobocabin dibangun dengan model bisnis yang unik, salah satunya dengan tidak membangun dapur komersial di dalam akomodasi seperti halnya hotel umumnya. Dengan demikian, Bobocabin memanfaatkan kerja sama dengan usaha setempat untuk menyediakan makanan, minuman dan aktivitas yang dapat dinikmati oleh turis yang menginap. Mereka yang tergabung ke dalam inisiatif ini selanjutnya disebut sebagai MitraBob.

Dewi, salah satu MitraBob di Bobocabin Padusan, Mojokerto menuturkan, “Sebelumnya, pendapatan saya cenderung tidak menentu. Namun, sejak Bobocabin Padusan hadir dan memutuskan untuk bermitra dengan Bobocabin, omset saya kini meningkat hingga 50% dari sebelumnya. Saya juga diberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai program pelatihan dan pengembangan usaha.”

Melalui inisiatif ini, Bobocabin tidak hanya mampu berkontribusi pada peningkatan omset MitraBob tetapi juga memungkinkan UMKM lokal mengakses sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas bisnis mereka. Kolaborasi yang dilakukan oleh Bobocabin juga turut diimplementasikan melalui penyerapan talenta lokal pada tiap-tiap lokasi operasional Bobocabin.

Sebagai perusahaan yang didirikan dan berbasis di Bandung, Bobobox saat ini bertumbuh bersama talenta luar biasa dari seluruh wilayah Indonesia, memperluas jangkauan penyerapan yang tidak hanya terkonsentrasi di daerah metropolitan. Bobobox juga terus berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, beberapa diantaranya dengan mengakomodasi kebutuhan para ibu pekerja dan menciptakan ruang yang mendukung perempuan untuk mengembangkan karirnya, terlebih di industri yang hingga saat ini masih didominasi oleh laki-laki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here