Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Menjelang libur akhir tahun 2022, Traveloka meluncurkan program Promo Akhir Tahun Dadakan yang akan berlangsung dari 19 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Program Promo Akhir Tahun ini menawarkan diskon hingga 50% untuk seluruh produk Traveloka seperti pilhan aktivitas liburan dan atraksi, akomodasi, juga transportasi, baik di destinasi domestik maupun internasional.
Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka mengatakan, “Liburan akhir tahun merupakan perpaduan berbagai momentum seperti libur sekolah, mudik, istirahat akhir tahun maupun kesempatan bagi konsumen untuk berkumpul bersama keluarga. Memahami keberagaman kebutuhan serta peningkatan minat bepergian pada momentum ini, Traveloka sebagai platform travel terdepan senantiasa berkomitmen menghadirkan pengalaman terbaik bagi konsumennya dengan meluncurkan program promosi spesial akhir tahun guna memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi konsumen dalam merencanakan perjalanan bebas khawatir di tengah antusiasme berlibur akhir tahun masyarakat yang semakin memuncak.”
Bersamaan dengan libur sekolah, periode akhir tahun bisa menjadi pilihan bagi keluarga untuk melakukan perjalanan. Mengusung tagline terbaru Traveloka Life, Your Way, promo akhir tahun ini hadir sebagai salah satu pilihan bagi konsumen yang menginginkan kendali penuh untuk merencanakan liburan akhir tahun impian sesuai dengan preferensi masing-masing.
Pembukaan perbatasan, meningkatnya angka vaksinasi nasional, dan akselerasi pemulihan ekonomi telah mendorong minat dan kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan aktivitas perjalanan dan wisata terutama dalam menyambut momen libur akhir tahun 2022. Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi pergerakan mobilitas masyarakat pada natal dan tahun baru (Nataru) 2022-2023 akan mencapai 22,4% dari jumlah penduduk Indonesia atau setara 60,6 juta orang.
Hal ini juga sejalan dengan data internal Traveloka yang menunjukkan bahwa minat berwisata akhir tahun pengguna terus meningkat baik destinasi domestik maupun internasional. Traveloka mencatat bahwa jelang akhir tahun 2022, pada bulan Desember 2022 terdapat peningkatan transaksi pada pengguna transportasi darat sebesar 70% dibandingkan dengan awal tahun 2022. Selain itu, juga melihat adanya peningkatan pemesanan pesawat sebesar 11% pada bulan Desember 2022 untuk destinasi domestik dibandingkan dengan bulan lalu serta peningkatan 6 kali lipat untuk destinasi internasional pada periode libur akhir tahun dibandingkan dengan tahun lalu.
Traveloka juga mengamati bahwa terdapat peningkatan minat pada sejumlah destinasi domestik favorit dari konsumen pada kota-kota besar seperti Bali, Medan, Surabaya, Makassar dan Jakarta. Sedangkan untuk destinasi internasional favorit, di antaranya Singapura, Malaysia dan Thailand. Geliat industri pariwisata yang terus melonjak turut mendorong minat konsumen terhadap aktivitas di luar ruangan seperti atraksi wisata, hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan produk atraksi wisata Traveloka Xperience naik hingga 30% pada bulan Desember jelang libur akhir tahun dibandingkan bulan lalu.
Terlebih dari itu, tren staycation dalam menyambut momen libur akhir tahun tetap menjadi pilihan favorit konsumen yang terbukti dengan peningkatan hingga 20% pada animo pemesanan akomodasi di Jakarta dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode bulan Desember 2022. Selain itu, Traveloka melihat bahwa pren pemesanan kebutuhan perjalanan baik transportasi, akomodasi, hingga atraksi wisata semakin meningkat mendekati periode akhir tahun. Internal data Traveloka menemukan bahwa perilaku konsumen mengalami perubahan dimana para konsumen memiliki kecenderungan untuk melakukan periode pemesanan kebutuhan perjalanan dalam waktu yang singkat (short-booking window).
Dimulai dari 19 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, Promo Akhir Tahun Dadakan menggandeng hampir 6000 mitra menghadirkan diskon hingga 50% untuk pemesanan seluruh produk seperti layanan tiket pesawat, bus & travel, akomodasi, hingga ragam produk dari Traveloka Xperience seperti atraksi wisata, taman bermain, spa dan kecantikan serta masih banyak lainnya. Selain program tersebut, promo akhir tahun juga memberikan kesempatan kepada para konsumen untuk mengikuti rangkaian program promosi untuk kebutuhan perjalanan baik domestik maupun internasional, yang dapat diakses melalui aplikasi Traveloka.
“Kehadiran program Promo Akhir Tahun Dadakan diharapkan dapat membantu konsumen mewujudkan liburan akhir tahun yang lebih bermakna sesuai pilihannya. Dengan animo perjalanan yang semakin meningkat di akhir tahun, kami optimis geliat industri pariwisata Indonesia akan terus bangkit dan menguat di tahun-tahun mendatang,” tutup Shirley.