Tips for UKM: Menciptakan Layanan Pelanggan yang Baik

marketing.co.id- Good customer service atau layanan pelanggan yang baik merupakan nyawa dari kehidupan bisnis apapun. Anda dapat menawarkan promosi dan memangkas harga untuk menarik pelanggan baru sebanyak yang Anda Inginkan.

Akan tetapi jika beberapa di antara mereka tidak mau datang kembali untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan, bisnis Anda tidak akan menguntungkan untuk jangka waktu yang panjang. Layanan pelanggan yang baik adalah tentang bagaimana cara kita membuat pelanggan kembali dan membuat mereka manjadi pelanggan tetap.

Intinya, layanan pelanggan yang baik adalah membentuk hubungan dengan pelanggan. Nah, bagaimana Anda membentuk hubungan tersebut?

Menyediakan layanan pelanggan yang baik merupakan hal yang sederhana. Jika Anda benar-benar ingin membuat layanan pelanggan yang baik, yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa bisnis Anda konsisten melakukan berikut:

Menjawab telepon Anda

Pastikan bahwa ada seseorang yang mengangkat telepon ketika ada pelanggan melakukan panggilan. Mereka ingin berbicara dengan orang hidup bukan dengan “recorded robot”.

Jangan membuat janji kecuali jika akan menepatinya

Reliabilitas merupakan salah satu kunci untuk setiap hubungan yang baik dan layanan pelanggan yang baik tidak terkecuali. Jika Anda berkata, “lemari yang Anda pesan akan kami kirimkan pada hari Jumat,” pastikan barang tersebut sampai pada hari tersebut. Jika tidak jangan mengatakannya. Pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda memberikan sebuah janji.

Dengarkan pelanggan 

Biarkan pelanggan berbicara dan tunjukkan kepadanya bahwa Anda mendengarkan dengan membuat tanggapan yang sesuai, seperti menyarankan dan mencari solusi untuk memecahkan masalah.

Perhatikan keluhan pelanggan 

Tidak ada yang suka mendengarkan keluhan. Tapi jika Anda memberikan perhatian terhadap keluhan pelanggan, mungkin Anda bisa menyenangkan hati pelanggan tersebut. Dan bisnis Anda akan menuai keuntungan dari layanan pelanggan yang baik.

Latihlah karyawan Anda (jika memilikinya) untuk selalu membantu, sopan dan berpengetahuan. Anda bisa melakukannya sendiri atau menyewa seseorang untuk melatih mereka. Berbicara kepada mereka tentang apa itu layanan yang baik. Yang paling penting adalah memberikan informasi yang cukup dan kekuatan (mental) pada setiap karyawan Anda agar mereka dapat mengambil sebuah keputusan yang menyenangkan. Sehingga, karyawan Anda tidak pernah mengatakan “saya tidak tahu, tapi begitu dan lainnya”.

Lakukan sesuatu yang lebih

Misalnya, jika ada seseorang berjalan ke toko dan meminta Anda membantu mereka menemukan sesuatu, jangan mengatakan “ini khusus produk A,” arahkan pelanggan atau apapun itu sebaik mungkin, jika Anda ingin memberikan layanan pelanggan yang baik. Mereka mungkin tidak mengatakannya kepada Anda, tetapi orang-orang akan melihat ketika Anda melakukan hal baik dan mereka akan memberitahukannya kepada orang lain.

Berikan sesuatu yang lebih

Entah itu sebuah kupon diskon, informasi tambahan tentang cara menggunakan produk, atau senyum yang tulus. Setiap orang akan senang mendapatkan lebih dari yang mereka pikir mereka dapatkan.

Jika Anda menerapkan delapan aturan sederhana ini secara konsisten, bisnis Anda akan dikenal dengan layanan pelanggannya yang baik. Dan layanan pelanggan yang baik dari waktu ke waktu akan mendatangkan pelanggan baru dari promosi dan pemotongan harga, sudah melakukannya?

ehow|Cecep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.