5 Top Destinasi dengan Pemesanan Tertinggi selama 2023

Tren dan pola pengeluaran wisatawan di Asia Tenggara, apa yang harus dilakukan marketers untuk menjangkau mereka?

Marketing.co.id – Berita Marketing | Tahun 2023, menjadi tahun yang menantang bagi industri pariwisata. World Economic Forum (WEF) dalam laporan Travel & Tourism Development Indeks (TTDI) menyebutkan bahwa Indonesia naik peringkat ke posisi 32 di dunia, dan melampaui negara di kawasan ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Tak hanya itu, Indonesia juga berada di urutan pertama dalam Global Muslim Travel Indeks. Pada laporan tren perjalanan tahunan yang dirilis OYO bertajuk “OYO Travelopedia 2023” mengungkapkan bahwa Ibukota Jakarta unggul sebagai destinasi favorit wisatawan, dan momentum perayaan Tahun Baru mencatat 77% kenaikan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Menurut laporan Travelopedia, 5 top destinasi dengan pemesanan tertinggi selama 2023 yaitu Jakarta, disusul Bandung, Bali, Medan, dan Yogyakarta. Laporan tersebut juga mengungkapkan, Pulau Jawa, menjadi wilayah yang unggul pada pemesanan tertinggi dengan total pemesanan lebih dari +3,8M, diikuti Jabodetabek dan Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. Pada 2023, Batam mencatat kenaikan pemesanan hingga 84 persen, disusul Bali yang mencatat kenaikan pemesanan hingga 52 persen dibandingkan tahun 2022 dan menjadikannya destinasi yang mencatat kenaikan maksimal Year on Year.

Travelopedia 2023 juga melaporkan, Januari menjadi bulan dengan jumlah pemesanan tertinggi, dan masa inap terpanjang berhasil dicatat di Tasikmalaya Jawa Barat selama 173 hari di properti OYO Homes 90956 Desa Wisata Guranteng, sementara Properti yang paling sering di pesan selama periode ini tercatat di Super OYO Collection O 818 Micasa Residence, Bandung. Travelopedia juga menyorot tren perjalanan berkembang yang berkontribusi pada pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia. Dengan meningkatnya tren remote working, Indonesia menjadi tujuan bagi para digital nomad. Bali menjadi destinasi digital nomad terpopuler yang didukung kemajuan pesat pada infrastruktur teknologi, serta destinasi wisata yang menawarkan pengalaman menarik bagi wisatawan. Selain itu, Travelopedia 2023 juga mencatat destinasi populer seperti Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur dan Raja Ampat juga menarik perhatian para wisatawan selama periode ini.

Hendro Tan, Country Stock and Flow OYO Indonesia mengungkapkan, “Travelopedia 2023 menjadi laporan komprehensif dan analisis mendalam mengenai lanskap pariwisata yang dinamis dan berkembang di Indonesia. Laporan ini bertujuan untuk menjadi panduan komprehensif bagi para pemangku kepentingan industri, termasuk bisnis perhotelan, operator tur, dan pembuat kebijakan, sehingga mereka dapat beradaptasi dan memenuhi permintaan wisatawan yang terus berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.